Bagaimana perjalanan hidup Wassily Kandinsky sebagai seorang pelukis?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Wassily Kandinsky. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Bagaimana perjalanan hidup Wassily Kandinsky yang Anda ketahui ?

Wassily Kandinsky
image
Wassily Wassilyevich Kandinsky (/kænˈdɪnski/; bahasa Rusia: Васи́лий Васи́льевич Канди́нский, Vasiliy Vasil’yevich Kandinskiy, diucapkan [vaˈsʲilʲɪj kɐnˈdʲinskʲɪj]; lahir 16 Desember 1866 – meninggal 13 Desember 1944 pada umur 77 tahun) adalah pelukis dan teoretikus seni berpengaruh asal Rusia. Ia dianggap sebagai seniman pertama yang melukis karya seni abstrak murni. Lahir di Moskow, Kabdinsky menghabiskan masa kecilnya di Odessa. Ia kemudian masuk ke Universitas Moskow, mempelajari ekonomi dan hukum. Sukses dengan pekerjaannya sebagai kepala profesor Hukum Romawi di University of Dorpat, ia lalu mulai melukis sketsa, gambar makhluk hidup, dan anatomi pada usia 30 tahun.

Pada tahun 1896 Kandinsky menetap di Munich, belajar di sekolah swasta Anton Ažbe dan kemudian di Academy of Fine Arts. Ia kembali ke Moskow pada tahun 1914 setelah pecahnya Perang Dunia I. Teori-teori Kandinsky tidak dihargai oleh komunis Moskow, dan akhirnya ia kembali ke Jerman pada tahun 1921. Di Jerman, ia mengajar di sekolah seni dan arsitektur Bauhaus dari tahun 1922 sampai Nazi menutupnya pada 1933. Ia kemudian pindah ke Perancis, tempat ia menghabiskan sisa hidupnya, menjadi warga negara Perancis pada 1939 dan menciptakan karya-karyanya yang paling terkenal. Ia meninggal dunia di Neuilly-sur-Seine pada tahun 1944.