Bagaimana perbedaan ikan molly balon jantan dan betina ?

Ikan Molly

Ikan Molly (Poecilia sphenops) memiliki bentuk tubuh seperti ikan guppy karena memang satu marga, tetapi lebih besar dan dapat tumbuh sampai 12 cm. berwarna asli hitan tetapi karena dikawin silangkan dengan jenis ikan platy, maka beragam warna dapat dihasilkan.

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin dari ikan molly balon jantan dan betina ?

Ikan molly jantan mempunyai daya pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan ikan molly betina. Jadi dalam usia yang sama, ukuran tubuh si penjantan ini lebih pendek. Namun pertumbuhan sirip ikan jantan jauh lebih cepat sehingga otomatis ukuran sirip-siripnya pun lebih panjang dan lebih lebar daripada ikan molly betina. Ikan jantan juga mempunyai tubuh yang ramping, pergerakan yang lebih gesit, dan warna tubuh yang lebih cerah.

Di belakang sirip perut ikan balon jantan pun terdapat gonopodium yang berbentuk seperti tonjolan. Gonopodium ini merupakan perubahan sirip anal yang berubah menjadi sirip yang panjang. Tepat sekali, ini adalah alat kelamin yang dimiliki oleh ikan molly jantan.

Sementara itu, ikan molly betina memiliki postur tubuh yang lebih gemuk. Bentuk perutnya buncit dengan ukuran sirip yang sedang/normal. Alat kelamin ikan balon betina berbentuk lubang serta tidak mempunyai gonopodium. Mayoritas si ikan betina ini memiliki warna tubuh yang kurang cerah sampai kusam. Yang membedakan ialah bentuk kepalanya agak runcing ke depan.

Perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina

Terdapat tiga faktor pembeda yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin seekor ikan molly, yaitu :

  1. Postur Tubuh
    Secara garis besar, ikan molly dengan kelamin betina mempunyai perut yang berbentuk lebih bulat ketimbang si penjantan. Apabila dilihat dari atas, perut si betina ini tampak penuh dan gemuk. Berbeda dengan ikan molly jantan yang memiliki perut lebih ramping dan cenderung kurus.

  2. Sirip Punggung
    Jika diperhatikan dengan seksama, ukuran sirip punggung ikan molly jantan dan betina ternyata tidak sama. Pada ikan molly penjantan, sirip punggungnya tinggi dan memanjang hingga ke bagian ekor. Sedangkan sirip punggung ikan molly betina berukuran kecil dan cukup pendek.

  3. Sirip Dubur
    Posisi sirip ini terletak di dekat bagian dubur ikan balon. Sirip dubur yang melengkapi ikan molly jantan telah termodifikasi menjadi alat kelamin yang dinamakan gonopodium. Sementara itu, sirip dubur yang dimiliki oleh ikan molly betina berbentuk seperti kipas yang halus.

Perbedaan Jantan dan Betina

  • Pada ikan jantan memiliki tubuh yang ramping dan memiliki sirip punggung yang lebih lebar serta panjang kemudia sirip perut meruncing dan juga panjang yang digunakannya untuk kawin.
  • Sedangkan pada ikan betina memiliki bentuk tubuh yang lebih lebar dan agak membulat dengan sirip punggung yang pendek dan sirip perutnya berbentuk oval.
  • Untuk jenis molly black, bagian perut betina akan terlihat jelah bintik putih apabila molly sudah dewasa.