Bagaimana perbedaan fashion formal dan casual?

image

Sering kali kita mendengar bahwa pakaian ini bersifat casual, pakaian itu bersifat formal. Namun, sebenenarnya apakah perbedaan dari kedua jenis fashion tersebut?

1 Like

Casual dan formal merupakan jenis gaya dalam berpakaian. Seringkali orang sulit membedakan kedua jenis gaya ini. Berikut perbedaan yang dapat ditemukan dari kedua jenis gaya ini.

  • Casual lebih sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari sedangkan formal untuk acara-acara resmi

  • Casual tidak menggunakan dasi sedangkan formal lebih sering dipadukan dengan dasi

  • Formal biasanya menggunakan bahan-bahan yang lebih mahal dibandingkan dengan casual

  • Casual biasanya menggunakan celana berbahan denim sedangkan formal menggunakan celana bahan.

Salah satu jenis pakaian yang memiliki terminologi hampir sama dengan konteks casual dan formal adalah gown dan dress. gown dengan dress yaitu suatu pakaian dapat selalu dikatakan sebagai dress akan tetapi hanya pakaian dengan karakteristik tertentu yang dapat dikatakan sebagai gown. Apabila melihat sejarah, pada zaman Victorian penggunaan dress biasanya berarti secara umum untuk seluruh pakaian bagi perempuan maupun laki-laki. Contoh penggunaannya adalah adanya frasa evening dress, morning dress, travelling dress, full dress keseluruhan frasa itu menggambarkan pakaian yang digunakan oleh seseorang. Berbeda dengan pakaian khusus dengan jenis rok yang menyatu, pakaian dengan jenis tersebut dikatakan sebagai gown.

Before the Victorian period, the word dress usually referred to a general overall mode of attire for either men or women, such as in the phrases evening dress, morning dress, travelling dress, full dress, priest’s gown which are white, and so on, rather than to any specific garment, and the most often used English word for a woman’s skirted garment was gown.


Sumber: jakartafashionweek.com

Secara asal-usul kata gown berkembang di benua eropa, hal ini yang menjadikan penggunaan kaya gown memiliki kesan lebih eksklusif karena hanya digunakan untuk orang-orang kerajaan. Pada awal abad ke-20, istilah dress memiliki sinonim dengan gown dan frock. Definisi gown lebih menuju pada pakaian formal, seperti penjelasan sebelumnya. Gown memiliki kesan eksklusif.

Only in the last few decades has gown lost its general meaning of a woman’s garment in the United States in favor of dress. Today, the usage is chiefly British, except in historical senses or in formal cases, such as evening gown and wedding gown. Formal gowns generally have a fitted bodice and a full-length full skirt.