Bagaimana perawatan burung kakatua putih ?

image

Jika ingin memelihara kakatua putih, bagaimanakah cara perawatannya ?

Cara merawat burung kakatua putih dapat dilakukan dengan banyak cara, akan tetapi tidak dianjurkan untuk mengurung burung kakatua pada sangkar.

Sebab itu akan memperlambat proses menjinakkan dari burung kakatua. Lebih baik burung kakatua diletakkan pada atas tenggeran saja.

Pemandian Burung Kakatua
Dengan dimandikan, Burung kakatua bulunya akan jadi mengkilap dan bentuknya bagus serta terawat. Dianjurkan setiap 3 hari dimandikan supaya burung kakatua kamu merasa diperhatikan oleh pemiliknya.

Saat memandikan burung kakatua buatlah seperti hujan buatan misalnya ada yang menyiram anda dan burung kakatua dari lantai 2 rumah anda. Sehingga burung kakatua mengira jika hari sedang hujan.
Dengan begitu, burung kakatua mengira anda dan burung kakatua anda sedang kehujanan. Sehingga burung kakatua dapat mandi dengan puas ditemani oleh pemeliharanya.

Pada waktu memandikannya lebih baik pada waktu pagi hari sebelum pukul 9 pagi. Selain disiram anda juga harus menyediakan tempat minum serta wadah untuk burung kakatua anda mandi sendiri.
Untuk ukuran 40 x 40 cm dengan kedalaman 10 cm. Sebaiknya ketika burung telah selesai mandi untuk diberikan makan agar badannya tetap hangat.

Makanan Kakatua Putih
Memberikan makanan yang beraneka macam setiap harinya agar burung kakatua anda senang serta merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Untuk makannya anda dapat membeli sprouted seeds yang dapat dibeli di toko burung atau dapat diberikan buah-buahan serta sayuran.

Anda dapat berikan potongan-potongan kecil dari buah ataupun sayur seperti pir, apel, pepaya, pisang, jeruk, wortel. Selain itu berikan juga calcium block yang dapat dibeli di toko burung.
Jangan pernah memberikan burung kakatua anda makanan daging, alpukat, bumbu penyedap agar tidak membuat kegemukan. Dan untuk tempat makannya sendiri jangan dari yang terbuat dari plastik atau kayu, dianjurkan yang terbuat dari stainless steel.

Penjinakan
Cara memelihara burung Kakatua putih yaitu untuk menjadikan burung Kakatua menjadi jinak. Tanda burung Kakatua peliharaan anda telah jinak yaitu mau melompak ke tangan kamu pada saat dipanggil.

Lalu tidak akan mematuk-matuk, dan tidak marah pada saat dipegang bulunya. Proses menjinakkan burung kakatua dengan pemelihara yang efektif yaitu pada waktu pemberian makan.
Jangan lupa sebelum anda memberi makan langsung dengan tangan anda untuk memakai sarung tangan kulit. Tujuannya untuk melindungi tanganmu dari gigitan burung kakatua tersebut.

Akan tetapi bila burung kakatua anda berani mendekat dan langsung makan dari tangan anda berarti burung kakatua anda telah jinak. Setelah itu, anda bisa memberi makan tanpa menggunaan sarung tangan kulit.

Tempat Bertengger

Tempat bersantai atau tempat bertengger kakatua merupakan sebuah tempat berdiri burung kakatua. Untuk tempat burung bertengger sebaiknya terbuat dari kayu keras tetapi dengan tekstur lembut.
Jangan lupa juga untuk melihat ketebalan tenggerannya, usahakan diameternya kurang lebih berukuran 3 cm.

Makanan Pendukung

Untuk makanan pendukung cukup diberikan jarang saja. Misalnya seperti keju yang dicairkan dan kemudian dicelupkan di makanan burung kakatua sehari-hari.

Makanan pendukung lain yaitu telur matang yang telah dipotong kecil-kecil (baik itu kuning telur dan juga putihnya) yang telah dicampur dengan porongan sayur ataupun buah yang menjadi makanan sehari-hari.

sumber :