Bagaimana peran UMKM terhadap olahan-olahan pangan saat ini?

Olahan Pangan

Kak saat ini kan banyak tuh UMKM-UMKM yang bergerak di bidang pertanian, trus saat ini kira-kira gimana ya kontribusi UMKM ini terhadapa olahan pangan? :thinking: :thinking: :thinking: :thinking:

1 Like

izin menanggapi ya kak, menurut saya peran UMKM cukup penting terhadap olahan olahan pangan saat ini. hal tersebut dikarenakan banyak umkm yang bergerak di bidang olahan pangan melihat tingkat konsmsi masyaraat di Indonesia juga tinggi.
adanya UMKM dapat meningkatkan diversifikasi pangan di Indonesia. akan tetapi peluang tersebut belum banyak di lirik akibatnya kebanyakan umkm hanya berskala kecil dengan teknologi yang digunakan juga masih rendah. sehingga produksi olahan pangan umkm masih kalah dengan produk perusahaan besar.

Menurut saya, selama masa pandemi ini bisa dibilang permintaan dan penawaran olahan pangan yang paling berkembang bahkan bisa dibilang berkembang cukup pesat. Perkembangan tersebut kemungkinan besar merupakan hasil dari kontribusi UMKM yang terus menerus mencoba menghadirkan olahan pangan yang menarik perhatian konsumen. Jadi UMKM ini memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pengembangan dan pemasaran olahan pangan.