Bagaimana peran sistem FinTech terhadap perekonomian di suatu negara?

Fin Tech adalah suatu inovasi di bidang jasa finansial. Kata Fin Tech sendiri berasal dari kata “financial” dan “technology” yang mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi saat ini.

fintech

Konsep FinTech yang mengadaptasi perkembangan teknologi yang disatukan dengan bidang finansial diharapkan dapat menghadirkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis, aman, dan kekinian. Beberapa peran penting FinTech sebagai berikut:

  • Membantu perkembangan startup baru. Kedepannya akan muncul layanan baru dari bisnis identitas digital, seperti cryptocurrency, penasehat keuangan digital (robo advisory), credit scoring, hingga asuransi. Grab adalah salah satu startup fintech yang sedang berkembang di bisnis transportasi.

  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat. FinTech dapat membantu pembayaran kartu kredit dan debit dengan biaya yang rendah. Di kawasan Asia Tenggara, FinTech berpotensi mengentaskan kemiskinan lebih dari 600 juta jiwa sambil terus memberikan keuntungan startup demi meningkatkan kepercayaan para investor. Tingkat kemiskinan tersebut bisa menurun berkat meningkatnya skala ekonomi di negara tersebut.

  • Mengurangi pinjaman dengan bunga tinggi. Dengan kehadiran FinTech diharapkan sistem peminjaman uang bisa dilaksanakan dengan cara yang lebih transparan dan menjadi hak umum bagi semua masyarakat.
    Pembentukan asosiasi FinTech di Indonesia akan membuka era baru bagi bidang ekonomi yang lebih praktis, modern, dan mampu menjangkau masyarakat dari seluruh kalangan ekonomi.