Bagaimana peran seorang Manager Produk?

Manajer produksi seorang yang terlibat perencanaan, koordinasi dan kontrol dari proses manufaktur dan bertanggung jawab memastikan barang dan jasa diproduksi secara efisien, jumlah produksi yang benar & akurat, diproduksi sesuai dengan anggaran biaya yang tepat dan berkualitas sesuai standar perusahaan. Adapun peran yang dilakukan oleh seorang manager produk, bagaimana peran tersebut?
Manajer Produk

Manajer produk bertanggung jawab untuk membimbing kesuksesan dalam sebuah produk dan memimpin tim lintas fungsional yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Ini merupakan organisasi yang mempunyai peran penting dalam menetapkan strategi, memetakan jalan, dan definisi fitur untuk produk. Posisi tersebut mungkin juga mencakup tanggung jawab pemasaran, peramalan, dan keuntungan dan kerugian.

Manajer produk menyediakan keahlian dalam produk yang dibutuhkan untuk memimpin organisasi dan membuat strategi keputusan produk. Mereka menganalisis kondisi pasar dan persaingan, meletakkan sebuah visi produk yang dibedakan dan memberikan nilai unik berdasarkan permintaan pelanggan. Peran tersebut mencakup banyak kegiatan mulai dari strategi hingga taktis dan memberikan kepemimpinan lintas fungsional antara tim teknik, pemasaran, penjualan, dan dukungan.

Adapun peran yang dimiliki oleh seorang manajer produk,yaitu sebagai berikut:

1. Strategy

Manajer produk bertanggung jawab untuk menetapkan visi dan strategi produk. Tugas mereka adalah mengartikulasikan dengan jelas nilai bisnis ke tim produk sehingga mereka memahami maksud di balik produk baru atau merilis produk. Manajer produk memiliki pemetaan jalan dan harus memprioritaskan pembangunan yang paling penting untuk mencapai tujuan dan inisiatif strategis di balik produk.

2. Releases

Manajer produk harus merencanakan apa yang tim mereka akan sampaikan dan ada batas waktu pelaksanaannya. Hal ini tidak peduli dengan metodologi pengembangan yang digunakan oleh tim teknik. Manajer produk bertanggung jawab untuk menentukan proses pelepasan dan mengkordinasikan semua aktivitas yang dibutuhkan untuk membawa produk ke pasar. Ini melibatkan dalam menjembatani kesenjangan antara fungsi yang berbeda dalam perusahaan dan menyelaraskan semua tim yang terlibat seperti pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Bertanggung jawab mencakup pengelolaan dependensi untuk melengkapi fase dalam merilis.

3. Ideation

Setiap organisasi menginginkan ide yang lebih baik. Namun sulit untuk mengatur dan memprioritaskan mereka. Manajer produk memiliki proses kreatif untuk menghasilkan, mengembangkan, dan membantu dalam membuat ide baru. Mereka menentukan ide mana yang harus dipromosikan menjadi fitur untuk mendorong strategi produk ke depannya seperti strategi yang akan mencapai tujuan utama untuk produk dan bisnis. Untuk tujuan ini, mereka juga memastikan bahwa umpan balik dan permintaan diintegrasikan secara mulus ke dalam proses perencanaan dan pengembangan produk mereka. Kemudian manajer produk memberikan informasi status dari idenya ke pelanggan, mitra, dan anggota tim internal yang mengajukannya.

4. Features

Manajer produk memprioritaskan fitur dengan memberikan peringkat pada sasaran dan inisiatif strategis. Hal ini memerlukan keputusan trade-off yang sulit berdasarkan pada nilai yang akan diberikan oleh fitur baru kepada pelanggan dan bisnis. Manajer produk juga bertanggung jawab untuk menentukan persyaratan untuk setiap fitur dan pengalaman pengguna yang diinginkan. Manajer produk bekerja sama dengan teknik mengenai spesifikasi teknis dan memastikan bahwa tim memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk memberikan produk yang lengkap ke pasar.

Sumber: