Bagaimana peran manajer pemasaran dalam start up?

Sebuah start up tentu nya membutuhkan marketing yang baik untuk memperkenalkan produknya kepada khalayak luas. Keberadaan manajer pemasaran tentu akan menjadi nilai tambah dalam marketing pada start up. Lalu seperti bagaimanakah peran manajer pemasaran dalam start up?

Peran manajer pemasaran dalam marketing pada start up akan terfokus pada beberapa hal yaitu

  • Mengelola branding perusahaan
    Dimulai dari brainstorming mengenai value apa yang akan digunakan untuk membentuk brand produk, penyesuaian brand dengan produk dan juga value yang didapat oleh pelanggan. Setelah mengetahui pesan apa yang akan disampaikan kepada pelanggan maka mulai dengan mengelola identitas visual dari produk baik logo, warna, font hingga feel dari keseluruhan pemasaran.
    Selain itu, mengelola social media milik produk juga dibutuhkan untuk mengenalkan produk tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

“If I was down to the last dollar of my marketing budget I’d spend it on PR!” – Bill Gates

  • Mengelola calon pelanggan
    Dengan menggunakan newsletter, pelanggan yang mulai tertarik akan dapat menjadi sebagai calon pelanggan yang berpotensial. Memperkenalkan dan mengarahkan calon pelanggan menjadi pelanggan adalah peran yang cukup signifikan bagi manajer pemasaran terutama pada start up yang biasanya tidak memiliki biaya yang besar.

  • Melakukan tracking metrik
    Dilakukan secara reguler, interaksi pelanggan yang relevan dengan produk tentu akan dapat meningkatkan strategi pemasaran. Pengecekan berkala ini dapat dilaksanakan secara gratis menggunakan Google Analytic. Pendekatan yang diambil tentu akan semakin lebih relevan dan menarik baik bagi pelanggan maupun calon pelanggan.

  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan
    Melibatkan pelanggan seperti mendengarkan feedback yang dimiliki oleh mereka akan selalu berguna, baik untuk meningkatkan strategi pemasaran maupun digunakan meningkatkan kualitas dari produk…

Sumber