Bagaimana peran Big Data dalam membantu permasalahan bisnis?

Big Data memiliki potensi untuk mendukung kemajuan bisnis. Big Data dapat membantu menyelesaikan masalah dengan cepat, lalu bagaimana perannya sendiri untuk membantu menyelesaikan permasalahan didalamnya?

Big Data merupakan teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat.

Dengan adanya Big data suatu bisnis akan berjalan dengan lebih efisien.

Contohnya suatu bisnis perusahaan marketing dapat menganalisis orang-orang yang ada di sosial media dengan dipadukan data dari perusahaan sendirir misalnya data dari penjualan atau data pelanggan yang sudah ada, maka akan mempermudah untuk mengetahui produk apa yang lebih disukai oleh konsumen.

Contoh lain apabila seorang konsumen membeli sebuah barang tapi tidak mau membayar dan melarikan diri, perusahaan tersebut akan mudah melacaknya khususnya melalui data yang sudah di input sebelumnya

Big data memiliki data yang sangat banyak dan bisa didapatkan secara real-time. Big data menjadi bagian dari revolusi masa depan dunia bisnis. Karena pengaruhnya bukan hanya dalam bisnis digital tetapi bisnis konvensional juga. Banyak informasi yang didapat dari big data, terutama untuk aktivitas bisnis. Peran big data dalam dunia bisnis :

1. Mencari sumber data
Misalnya suatu perusahaan bisnis memiliki sumber data yang sangat banyak, tetapi mereka diharuskan melihat tren bisnis masa kini dan strategi-strategi dalam membuat keputusan bisnis. Tentu dengan pengolahan big data yang sangat baik dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis.

2.Strategi marketing yang baik
Dengan big data, perusahaan dapat melihat bagaimana peminat produk yang mereka jual mulai dari kategori gender, usia, dan geografis. Dengan memiliki informasi dan menganalisis hal tersebut, perusahaan jadi tahu bagaimana mereka harus menjual produknya dan membuat daya tarik pada pelanggan.

3. Mempercepat pengambilan keputusan
Teknologi big data sangat cepat dalam hal melakukan analisis berbagai macam sumber data baru. Big data juga mampu untuk menerima dan menganalisis informasi lebih cepat dan membuat keputusan dari hasil analisa.

4. Tercipta produk dan layanan baru
Karena sudah terbiasa dalam mengukur kepuasan pelanggan sehingga menciptakan produk dan layanan baru yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan.

Sumber :


https://kumparan.com/jack-bon/manfaat-big-data-bagi-bisnis-di-indonesia

Big Data

Big Data, dilihat dari katanya “Big” dan “Data” yang berarti data yang besar. Artinya Big Data merupakan data yang sangat banyak dengan ragam yang sangat banyak dan bisa di dapatkan secara real-time. Sehingga banyak informasi yang terdapat disana jika bisa kita olah. Hasil dari pengolahan data-data tersebut bisa sangat membantu dalam berbagai aktivitas contohnya bisnis. Ada beberapa peran dari Big Data dalam proses bisnis antara lain :

  1. Mengenali pelanggan dengan lebih baik
    Big data bisa membantu perusahaan mengerti pilihan pelanggannya secara lebih baik serta untuk memutuskan produk mana yang harus diperbaiki atau membutuhkan improvisasi. Big data juga membantu perusahaan untuk menentukan segmentasi pasar dengan mengetahui siapa saja yang membeli produknya.

  2. Peningkatan operasional dan efisiensi internal
    Bisnis yang baik juga harus fokus kepada data karyawan mereka yang mencakup optimalisasi layanan, pelacakan kinerja dan bahkan perekrutan kandidat yang sesuai. Itu semua bisa dilakukan dengan bantuan Big Data. Hal ini dapat membantu bisnis dengan cara memperbaiki efisiensi internal di berbagai departemen.

  3. Lebih memahami proses bisnis
    Optimalisasi proses bisnis sekarang ini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pedagang retail dapat memaksimalkan stok mereka berdasarkan prediksi data yang diberikan oleh media sosial. Supply Chain dan rute pengiriman juga bisa dioptimalkan dengan bantuan teknik ini. Bagian HRD juga mendapatkan keuntungan untuk dapat mempekerjakan orang yang tepat.

  4. Membantu manager dalam pemilihan keputusan
    Seorang manajer tidak bisa mengambil keputusan berdasarkan keinginan dia sendiri, tetapi seorang manajer membutuhkan banyak data, banyak informasi, yang harus di analisis sehingga keputusan yang dia buat akan membuat bisnis tersebut menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya big data data-data dan informasi-informasi tersebut mampu di analisa oleh Big Data itu sendiri sehingga manajer bisa dengan cepat dalam mengambil sebuah keputusan.

Big data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar. Data tersebut bisa berupa data terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data memiliki hubungan yang erat dalam dunia bisnis, bukan karena jumlah data yang sangat banyak, tetapi tentang bagaimana big data tersebut dapat dianalisis sehingga menjadi wawasan untuk mengambil keputusan. Ketika organisasi mampu menggabungkan jumlah data besar yang dimilikinya dengan analisis yang baik, organisasi tersebut dapat

  1. Penghematan biaya
  2. Lebih cepat dan lebih baik dalam pengambilan keputusan
  3. Melahirkan produk dan layanan baru
  4. Menentukan akar penyebab kegagalan suatu masalah bisnis
  5. Menghasilkan informasi yang membantu berdasarkan kebiasaan customer dalam melakukan suatu pembelian
  6. Memperkirakan resiko yang mungkin terjadi dalam waktu yang singkat
  7. Mencegah terjadinya penipuan.

sumber: