Bagaimana penyebaran penyakit Johne Disease? Bagaimana siklus hidup bakterinya?

Johne Disease (JD) adalah penyakit serius pada sapi, domba, kambing, alpaka, llama, unta dan rusa. Bagaimana penyebaran penyakitnya?

Siklus hidup
Bakteri hidup dan berkembang biak di usus kecil dan kelenjar getah bening dan ditumpahkan di feses. Pertumbuhannya sangat lambat.

JD memiliki masa inkubasi yang panjang. Penyakit klinis biasanya tidak terlihat sampai setidaknya 2 tahun setelah infeksi (kecuali pada rusa, yang dapat menunjukkan penyakit lebih awal).

Penyebaran
Bakteri dapat ditemukan di kolostrum, susu dan faeces dari hewan yang terinfeksi. Rupanya hewan pembawa yang sehat tanpa tanda-tanda penyakit serta kasus-kasus klinis dapat menguraikan organisme.

Bakteri ditularkan dari hewan betina yang terinfeksi ke keturunannya di kolostrum atau susu, tetapi terutama dari kontaminasi feses pada puting susu, ambing dan lingkungan. Penelanan padang rumput yang terkontaminasi, makanan atau air juga dapat menyebabkan infeksi.

Bakteri bertahan hidup di faeses dan di padang rumput di mana hewan lain dapat mengambil infeksi. Dalam kondisi basah, bakteri dapat bertahan hidup di lingkungan hingga 1 tahun.

Ref: https://www.business.qld.gov.au/industries/farms-fishing-forestry/agriculture/livestock/animal-welfare/pests-diseases-disorders/johnes-disease