Bagaimana penyebaran penyakit dan pengendalian Bluetongue?

Bluetongue adalah penyakit virus yang dibawa serangga, yang dapat mempengaruhi domba, kambing, rusa dan sapi. Bagaimana penyebaran penyakit dan pengendaliannya?

Di negara-negara di mana penyakit bluetongue terjadi, penyakit ini ditandai oleh demam, pendarahan luas dari jaringan mulut dan hidung, air liur berlebihan, dan cairan hidung. Dalam kasus akut bibir dan lidah menjadi bengkak dan pembengkakan ini dapat meluas di bawah rahang bawah. Lidah biru yang memberi penyakit namanya hanya terjadi pada sejumlah kecil kasus.

Kepincangan terjadi karena laminitis dan peradangan pada pita koroner - pita merah hingga ungu pada kulit di atas koronet adalah tanda diagnostik yang penting. Kekurusan dan kelemahan berkembang dengan cepat dan kematian terjadi sekitar enam hari setelah tanda-tanda pertama terjadi.

Pemulihan domba yang bertahan hidup lambat. Demam tinggi pada domba menghasilkan bulu pecah, yang menambah kerugian produksi.

Penyebaran penyakit
Virus tidak dapat ditularkan antara hewan yang rentan tanpa kehadiran vektor Culicoides . Insiden dan distribusi geografis BTV tergantung pada kondisi musiman, keberadaan vektor serangga, dan ketersediaan spesies hewan yang rentan.

Vektor serangga, pengusir hama menggigit, lebih memilih kondisi hangat, lembab dan berada dalam jumlah terbesar dan paling aktif setelah hujan. Virus Bluetongue tidak bertahan di luar vektor serangga atau inang yang rentan. Karkas dan produk hewan seperti daging dan wol bukanlah metode penyebaran. Kelangsungan hidup virus dalam suatu lokasi tergantung pada apakah vektor dapat menahan musim dingin di daerah tersebut.

Pengendalian
Di negara-negara di mana wabah bluetongue terjadi, strateginya adalah untuk menahan wabah dan meminimalkan dampak perdagangan dengan:

  • menggunakan kombinasi kontrol karantina dan gerakan untuk mencegah penyebaran
  • prosedur perawatan dan peternakan untuk mengendalikan vektor, mengurangi transmisi dan melindungi hewan yang rentan
  • pelacakan dan pengawasan untuk menentukan sejauh mana distribusi virus dan vektor
  • zonasi untuk menentukan area yang terinfeksi dan bebas penyakit.
    Tidak ada pembenaran untuk stamping tetapi beberapa hewan mungkin perlu dihancurkan untuk alasan kesejahteraan. Tidak mungkin membasmi vektor bluetongue.

Vaksin digunakan di banyak negara, termasuk Eropa, untuk mengendalikan penyakit.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/bluetongue