Bagaimana penyebab, gejala, dan pengobatan Rahang Kental dan Lidah Kayu?

Rahang kental dan lidah kayu adalah penyakit bakteri infeksius yang sering disebut sebagai ‘Actino’. Kedua penyakit memiliki potensi untuk berakibat fatal tetapi dapat berhasil diobati jika terdeteksi sejak dini. Penyakit-penyakit ini paling sering terlihat pada sapi.


Gambar: Actinomycosis


Gambar: Actinobacillus lignieresii

Penyebab
Rahang kental atau Actinomycosis disebabkan oleh Actinomyces bovis , sedangkan lidah kayu atau Actinobacillosis disebabkan oleh Actinobacillus lignieresi .

Organisme umumnya memasuki tubuh melalui luka dan lecet di mulut. Letusan gigi dianggap memainkan peran penting. Mengubah manajemen penggembalaan untuk mencoba mengurangi paparan ternak ke pakan kasar atau berduri membantu mengurangi prevalensi kondisi ini.

Gejala

  • Rahang kental

Rahang yang kental dapat terjadi pada jaringan tulang dan lunak, tetapi sebagian besar terlihat pada tulang rahang atas dan bawah.

Gejala pertama yang tercatat biasanya adalah pembengkakan, karena tulang menjadi membesar dan tertidur, dan penuh nanah. Dalam kebanyakan kasus, tetapi tidak selalu, pembengkakan akan pecah melalui kulit, dan kotoran akan sangat tebal dan lengket.

Rahang rahang biasanya progresif. Ketika pembengkakan tulang terus membesar, kerusakan kepala yang kotor dapat terjadi, banyak kondisi tubuh akan hilang dan kematian dapat terjadi.

  • Lidah kayu

Lidah kayu terlihat terutama dalam jaringan lunak, tetapi dapat terjadi pada jaringan tulang pada kesempatan langka. Hal ini ditandai terutama oleh radang lidah, yang akan menjadi keras, bengkak, dan menyakitkan. Nodul dan bisul sering diamati.

Permulaan penyakit ini biasanya cukup cepat, Hewan itu menetes dari mulut dan sering tidak dapat makan atau minum, menyebabkan hilangnya kondisi yang cepat.

Pengobatan

Semakin awal Anda memulai perawatan, semakin besar kemungkinannya untuk berhasil. Penanganan awal lidah kayu biasanya berhasil tetapi kasus lanjut mungkin gagal untuk merespon. Perawatan yang paling efektif, jika diberikan lebih awal, adalah terapi yodium. Seorang dokter hewan adalah orang terbaik untuk memberikan dosis awal natrium iodida.

Perawatan rahang kental mirip tetapi sering tidak efektif. Jika penyakit ini dideteksi sejak dini, hewan itu bisa dijual untuk disembelih ketika masih dalam kondisi baik, dan sementara lesi tidak pecah pada kulit dan pemakaian. Ternak dengan lesi ‘Actino’ yang besar dan pemakaian harus dihancurkan di properti, tidak dikirim ke tempat penjualan atau tempat makan daging.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/lumpy-jaw-and-wooden-tongue