Bagaimana penyakit gusi bisa mengganggu kesuburan wanita?

Bagaimana penyakit gusi bisa mengganggu kesuburan wanita?

Belum jelas apa hubungan sebab akibat antara keduanya. Namun, ada satu teori yang mampu mendukung bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh pada peluang Anda untuk hamil.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu kemungkinan terbesar hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan kesuburan wanita adalah sistem kekebalan tubuh. Penyakit gusi bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda jadi terlalu reaktif. Atau sebaliknya, sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif justru bisa meningkatkan risiko penyakit gusi.
Dalam beberapa penelitian, wanita dengan sisitem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif ditemukan mengalami peningkatkan risiko ketidaksuburan, keguguran, serta kegagalan implantasi embrio selama proses bayi tabung.
Penyebab umum ketidaksuburan wanita – khususnya endometriosis dan sindrom ovarium polikistik (PCOS), juga dikatikan dengan peningkatan risiko penyakit gusi.
Menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari empat ribu wanita, mereka yang memiliki endometriosis dilaporkan 57 persen lebih rentan terhadap radang gusi jika dibandingkan dengan wanita tanpa endometriosis.
Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil para periset juga menemukan bahwa wanita dengan PCOS lebih cenderung mengalami gingivitis dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki PCOS.