Bagaimana pengobatan pada ikan yang mengalami jamuran?

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Hewan ini bisa terkena penyakit juga seperti hewan lainnya. Salah satu penyakitnya yaitu penyakit jamuran. Bagaimana mengobatinya?

Penyakit jamur juga sering menyerang para ikan, baik ikan hias seperti cupang, neon atau ikan konsumsi, dan bagi manusia mungkin tidak begitu berbahaya, karena tidak membuat pasiennya meninggal dunia, akan tetapi berbeda apabila penyakit jamur ini menyerang tubuh si ikan, sebab dia akan mati jika tidak segera ditangani.

Tanda-tanda ikan yang terserang jamuran adalah adanya bercak-bercak putih di sebagian atau seluruh tubuh ikan. Perbedaannya dengan protozoa sangat jelas, yaitu kalau jamuran mengenai hampir seluruh tubuh ikan, tapi kalau Protozoa hanya bintik pada sirip dan insang namun berbahaya.

Cara mencegah dan mengobati penyakit jamur pada ikan adalah dengan menjaga kebersihan air. Dan jika kita melihat ada ikan yang terluka, maka sebaiknya langsung dipindahkan ke tempat khusus, agar jamur Aphanomyces dan jamur Aprolegmia tidak menyerangnya. Jika cara mengatasi jamuran pada ikan di atas kurang berpengaruh, maka kalian bisa menyediakan larutan malacheet green dosis 60 g/M3 atau dengan menggunakan Formalin berdosis 1,5 2 cc/liter. Tips penggunaanya ialah memasukan obat di atas kedalam air lalu disusul oleh ikan selama kira-kira 7-15 menitan. Setelah itu bisa dilihat perkembangannya, Insyaallah tidak lama kemudian ikan tersebut akan sembuh.