Bagaimana pengendalian dan pencegahan Screw-worm Fly?

Penyakit ini disebabkan oleh Chrysomyia bezziana.

Pencegahan
Larva harus dijatuhkan ke dalam air yang baru saja direbus dan dibiarkan selama 1-2 menit untuk membunuh mereka dan mempertahankan bentuk dan warnanya. Mereka kemudian harus ditransfer ke wadah alkohol 70%, seperti alkohol alkohol. Sebuah botol plastik adalah yang terbaik untuk membungkus sampel dan harus dikemas dalam kantong plastik tertutup untuk menghindari kebocoran. Kemas bagian dalam kantong plastik dengan bahan penyerap seperti kapas dan tempatkan seluruh paket dalam kemasan tahan garang untuk pengiriman.

Program inspeksi lintas laut screw-worm Australia disampaikan oleh pemerintah federal. Program ini dirancang untuk meminimalkan risiko masuknya lalat yang tidak terdeteksi atau lalat dewasa dari negara-negara di sebelah utara Selat Torres.

Jebakan terbang diposisikan di pelabuhan laut untuk menjebak lalat dewasa dari kapal luar negeri. Pada tahun 1988, beberapa SWF Dunia Tua dewasa terperangkap di dalam sebuah kapal ternak kosong di pelabuhan Darwin. Kapal baru saja kembali dari mengirim ternak ke Brunei. Pada tahun 1992, larva New World SWF diidentifikasi dalam lesi di belakang kepala seseorang yang baru saja kembali ke Australia dari kunjungan ke Brasil dan Argentina.

Pengendalian
Datangnya lalat cacing bisa berdampak buruk pada hewan liar. Lalat akan sulit dikendalikan, terutama karena orang dewasa terbang bebas dan dapat menyebar jarak besar. Penyebaran lalat bisa cepat jika tidak terdeteksi sejak dini.

Langkah-langkah pengendalian meliputi:

  • karantina dan kontrol gerakan untuk mencegah pergerakan hewan yang terinfestasi
  • dekontaminasi dan disinfeksi daerah yang terkontaminasi larva
  • sering berkerumun untuk mengobati hewan yang terkena dampak dengan insektisida kimia atau pestisida
  • pelacakan dan pengawasan untuk menentukan tingkat dan distribusi lalat
  • zonasi untuk menentukan area yang terinfeksi dan bebas penyakit.

Program pemberantasan telah berhasil dilakukan di negara lain dengan menggunakan teknik serangga steril.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/a-z-list/screw-worm-fly