Bagaimana pengembang merencanakan produk dengan menggunakan MVP?

Setiap pengembang yang ingin membuat atau mengembangkan sebuah produk harus merencanakan terlebih dahulu agar tidak terjadi kebingungan dan pengelolaan sumber daya yang lebih optimal. Pengembang dapat menggunakan MVP untuk mengembangkan sebuah produk. Namun, bagaimana merencanakan produk dengan menggunakan MVP?

MVP adalah membuat sebuah produk dengan spesifikasi seminimal mungkin dan pembuatan secepat mungkin. Namun, mampu melayani kebutuhan utama dari pengguna semkasimal mungkin. Beberapa perencaan yang harus dilakukan dalam mengembangkan sebuah produk dengan MVP adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan bisnis
    Pengembang perlu untuk menentukan tujuan jangka panjang dari sebuah produk dan perlu mengetahui mengapa pengembang melakukan pengembangan produk. kemudian pengembang mengidentifikasi kriteria apa saja yang mengindikasikan produk untuk menjadi sukses.

  2. Menemukan peluang
    Pengembang perlu membuat pemetaan dari user journey dimana merupakan apa saja yang dilakukan pengguna terhadap produk yang nantinya akan digunakan. Isi dari pemetaan tersebut antara lain identifikasi pengguna, identifikasi tujuan akhir pengguna, dan identifikasi semua aksi yang dilakukan oleh pengguna untuk mencapai tujuan.
    Kemudian pengembang membuat peta “pain and gain” dimana merupakan apa saja hambatan dan pencapain dari pengguna. Isi peta tersebut adalah aksi yang dilakukan pengguna untuk menyelesaikan tujuan ketika menggunakan produk serta pain point dan gain poin untuk setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna.
    Kemudian pengembang menyimpulkan “pain and gain” untuk mendapatkan keputusan terhadap peluang yang ada dengan menggunakan pernyataan “how might we”.

  3. Menentukan fitur yang akan dibangun
    Pengembang menggunakan pernyataan peluang untuk mendapatkan fitur. Menyediakan fitur turunan yang termasuk dalam product roadmap. Lalu pengembang menggunakan matriks untuk menentukan fitur apa saja yang diprioritaskan.

Sumber1
Sumber2