Bagaimana pengaruh pendapatan perseorangan terhadap pertumbuhan ekonomi?

gambar

Salah satu besaran penting yang dapat digunakan untuk melihat pengaruh pendapatan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah pendapatan nasional atau Gross Domestic Product (GDP) atau produk domestik bruto (PDB).

GDP merupakan nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu setahun. Untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap pertumbuhan ekonomi dapat didekati dengan menggunakan dua persamaan, yaitu persamaan fungsi konsumsi dan persamaan aljabar GDP.

Dari fungsi konsumsi dapat diketahui bahwa pendapatan berkorelasi positif terhadap konsumsi. Artinya, jika pendapatan naik maka konsumsi cenderung naik, dan begitu juga sebaliknya. Persamaan aljabar GDP menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berkorelasi positif dengan konsumsi. Artinya, jika konsumsi naik maka pertumbuhan ekonomi juga naik, dan begitu juga sebaliknya. Jadi, dapat dikatakan secara sederhana bahwa pertumbuhan ekonomi berkorelasi positif dengan pendapatan. Artinya, jika pendapatan masyarakat naik maka pertumbuhan ekonomi akan naik, dan begitu juga sebaliknya.