Bagaimana pengaruh kedewasaan dalam kepemimpinan?

leadership

(Marinda Yunella) #1

Kedewasaan adalah suatu proses atau perjalanan seorang individu untuk menggali dan mengasah lebih dalam potensi yang terdapat di dalam dirinya hingga individu tersebut semakin percaya diri, optimis, dan tidak terpengaruh dengan suasana kurang kondusif di lingkungan disekitarnya.

Kedewasaan juga dapat diartikan dengan mencegah timbulnya masalah dalam pergaulan dan kehidupan sosial.

Kedewasaan tidaklah ditentukan oleh berapa umur dia, kedewasaan seseorang dapat dilihat dari bagaimana dia dapat mengorganisasi serta menyelesaikan masalah tanpa adanya suatu masalah yang dapat timbul lagi atau semakin mempersulit keadaan di suatu lingkungan tersebut.

Seseorang yang telah memiliki kedewasaan akan terlihat tenang dan sabar ketika dirinya dihadapkan kepada sebuah masalah. Selain itu, dia dikatakan memiliki kedewasaan adalah ketika sikap teguh, optimis, dan daya juang jauh lebih tinggi daripada sikap pesimis dan mudah goyah pada sebuah tujuan atau target yang ingin seorang individu capai untuk mendapatkan kesuksesan yang telah dia canangkan sejak awal.

Maka dari itu arti kedewasaan ialah ketika kita dapat mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya guna mengambil manfaat untuk diri sendiri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Kedewasaan tidaklah didapat secara instan, karena kedewasaan bukanlah tentang seberapa tua usia seseorang, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan demi mendapatkan kedewasaan tersebut, yaitu

  • Mau menerima nasehat yang baik, karena seseorang yang memiliki kedewasaan akan senantiasa memperbaiki diri dan mau menerima nasehat yang baik tanpa ada keras kepala, bebal, dan keras hati sehingga nasehat baik yang disampaikan tidak dapat berpengaruh terhadap seseorang tersebut.

  • Memiliki kesadaran yang lebih tentang hal-hal yang terjadi, yang dimaksud adalah seseorang yang memiliki kedewasaan akan melihat sesuatu yang terjadi dengan jeli dan akan mendiskusikan bersama-sama masalah yang terjadi guna mendapatkan solusi, atau inti dari hal ini adalah seseorang yang memiliki kedewasaan akan mudah untuk diajak dan mengajak diskusi tanpa adanya sisi egois untuk menyelesaikan masalah.

  • Memiliki pemahaman diri yang baik, hal ini mencakup tentang kelebihan dan kekurangan pribadi lalu memperbaiki dan membenahi menjadi pribadu yang lebih baik lagi, semisal, jika individu merasa dan memahami bahwa diri kurang religius kemudian individu bergaul dan mendekat dengan orang-orang yang religius guna dapat meniru dan memperbaiki diri menjadi lebih religius.

  • Bagus dalam menahan diri, berbeda dengan hal ketiga, hal ini menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kedewasaan tidak akan melakukan sesuatu tanpa adanya suatu alasan dan akan selalu memikirkan konsekwensi yang diterima ketika melakukan atau mendapatkan sesuatu.

  • Dapat memposisikan diri dengan baik, yaitu tahu dimana dia berada, apa kewajibannya, apa haknya, dan tahu batasan-batasannya. Hal keenam, mudah mengerti akan hal yang disampaikan, yaitu tidak mudah keras kepala dan melihat sesuatu dari sudut proporsional.

  • Melihat dan menyimpulkan sesuatu secara imbang dan proporsional melihat sesuatu secar bijak, sabar, imbang dan tengah-tengah secara proporsional.

Kedewasaan sangatlah penting, baik untuk kehidupan dalam keluarga, bermasyarakat ataupun untuk diri sendiri. Karena dalam sikap dewasa adalah kita berusaha melakukan sesuatu dengan benar dan mengambil sesuatu dari sudut atau sisi proporsional sehingga suatu masalah dapat terselesaikan dengan cepat dan tanpa meninggalkan atau membuat masalah yang lain.

Selain itu, kedewasaan sangatlah penting terhadap pengaruh masa depan, dia yang memiliki kedewasaan akan memiliki semangat juang dan optimistis yang sangat tinggi untuk mendapat apa yang telah menjadi tujuan dan terget awal yang telah ditetapkan, adapun kegagalan yang selalu menjadi penghalang dan membayangi di setiap langkah tidak akan menjadi hal serius, seseorang yang memiliki sikap dewasa akan dapat memperbaiki hal tersebut.

Kesimpulan yang kita dapatkan perihal arti penting kedewasaan adalah sebuah sikap wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat, berkeluarga maupun untuk menentukan masa depan dirinya.

Tokoh dunia yang sangat kuat dalam kedewasaan adalah Dr. Carlos Gossen, seorang CEO dari brand mobil terkemuka Nissan, beliau memiliki arti penting dalam eksistensi Nissan dalam persaingan brand mobil, dengan segala ketenangan, ketelatenan, keuletan, kesabaran, dan kedewasaannya, beliau dapat mengangkat nama Nissan kembali naik dalam persaingan brand mobil.

Beliau menata ulang organisasi Perusahaan Nissan yang pada tahun 1999 hampir gulung tikar, hingga Nissan kembali naik ke daratan dan mulai bersaing kembali dengan beberapa brand mobil terkemuka lainnya. Kepercayaan yang diberikan oleh pemilik saham terbesar di Nissan, Reynold, tidak dia sia-siakan dan dia dapat membayar kepercayaan dengan penuh tanggung jawab dan menghadirkan sebuah mimpi baru bagi brand mobil Nissan.

Referensi :