Bagaimana pendapatmu ketika ada mahasiswa tidur saat jam pelajaran?

Mahasiswa Tidur

Tidur adalah suatu kebutuhan manusia, waktu tidur adalah di malam hari. Sebagian murid atau mahasiswa sering tidur saat jam pelajaran, apa pandangan anda tentang masalah ini? apa ini kesalahan mereka apa guru atau dosennya?

3 Likes

Mungkin ada beberapa dari mereka yang tidur di kelas karena semalaman begadang mengerjakan tugas. Tugas-tugas yang mereka kerjakan itu juga berasal dari guru atau dosen mereka. Sehingga seharusnya guru atau dosen tidak terlalu menekan murid atau mahasiswanya dengan berbagai tugas yang banyak yang mengakibatkan mereka kelelahan dan pada akhirnya mereka menjadi tidur saat jam pelajaran

Lha jadi mahasiswa kok ngga mau ditekan ? Tekanan tidak selamanya bekonotasi negatif ya. Untuk dapat berkembang memang diperlukan tekanan, sehingga kita lebih tahan banting dalam menghadapi tuntutan di dunia profesional nantinya.

Dan tekanan terbaik buat mahasiswa adalah tugas. Sama seperti nanti ketika menjadi profesional ketika bekerja, tekanannya adalah target capaian kinerja. Dua-duanya pasti berbicara masalah tugas.

Permasalahannya, bisa jadi mereka kelelahan bukan karena tugasnya yang banyak, tetapi karena mereka sendiri tidak bisa melakukan manajemen waktu yang baik. Bisa jadi karena nongkrong sampai malam, main game atau nonton drama.

Sangat bisa jadi mereka tidak tau tentang skala prioritas. Coba saja kita jujur pada diri sendiri, berapa banyak waktu produktif yang kita lakukan dalam sehari ini ? Jangan2 lebih banyak nyantainya dibandingkan kerjanya.

Bisa jadi keliatannya kita “kerja”, misalnya dengan duduk di meja belajar, tetapi kita lebih banyak ngecek sosial media kita atau bermain-main dengan smartphone kita. Atau bahkan pikiran kita melayang kemana-mana (melamun).

Terkait dengan tidur saat jam pelajaran, apapun alasannya, hal itu berdampak buruk bagi dirinya sendiri. Karna kemungkinan terbesar dia tertidur di jam pelajaran karena mereka kurang tidur.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa manajemen tidur mahasiswa akan berpengaruh terhadap nilai mereka. Penelitian yang dilakukan oleh Grossman, Profesor materials science and engineering di Massachusetts Institute of Technology (MIT) terhadap 100 mahasiswa di kelas Introduction to Solid State Chemistry menunjukkan bahwa apabila mahasiswa tidurnya sebelum jam 2 pagi, maka lama waktu tidur akan berpengaruh pada performansi akademiknya. Sedangkan mahasiswa yang tidur diatas jam 2 pagi, berapapun lamanya dia tidur akan berdampak buruk pada performansi akademiknya.

Dan yang menarik lagi, kinerja kita saat ini ditentukan oleh lama waktu dan kualitas tidur kita di minggu lalu. Jadi istilah hutang tidur tidak berlaku lagi ya.

So… mahasiswa tidur di jam pelajaran sebetulnya adalah tanda bahwa dia tidak bisa bertanggungjawab pada dirinya sendiri, dan itu harus dirubah secepat mungkin, sebelum menjadi kebiasaan, yang nantinya akan berdampak buruk pada performansi akademiknya.

Referensi : How Sleep Influences College Students' Grades | Time

2 Likes

Pendapat yang sangat deep memang benar ketika mahasiswa tidur di kelas itu tidak dibenarkan karena akan merugikan diri sendiri, terlepas dari bagaimana dia memanajemen waktu tidurnya, bahkan bisa jadi mahasiswa tersebut mengalami gangguan tidur atau insomnia sehingga sulit baginya untuk tidur di malam hari.

Saya sendiri juga pernah secara tidak sengaja tertidur di kelas sewaktu dosen saya mengajar, bahkan pernah suatu kali hampir semua mahasiswa di kelas tersebut tertidur ketika dosen tersebut sedang menjelaskan materi, setelah kelas selasai saya coba bertanya kepada beberapa orang teman saya yang tertidur saat itu dan jawaban mereka hampir sama yakni merasa apa yang dijelaskan dosen tersebut kurang menarik, membosankan, menjelaskan dengan suara lirih, dan sebagainya.

Dari sini menurut saya, untuk menjadikan kegiatan belajar yang kondusif memang diperlukan antusias dan kerja sama antara dosen dan mahasiswa / guru dan muridnya. Dosen mengajak mahasiswa untuk semangat dan siap menerima materi, dan mahasiswa harus bisa memaksa dirinya agar tidak bermalas-malasan ketika belajar dikelas dan berusaha memberikan apresiasi terhadap dosen yang sedang mengajar.

2 Likes

menurut saya, ada beberapa hal yang bisa melatarbelakangi mahasiswa tidur saat jam pelajaran. Pertama, mahasiswa memang tidak bisa manajemen waktunya. Dengan beralasan banyak tugas, dikembalikan lagi, apakah tugasnya itu memang hanya diberi waktu 1 malam saja? atau itu merupakan tugas dari minggu lalu yang baru saja dikerjakan sehingga menumpuk dan mengakibatkan begadang?

Kedua, adalah faktor keluarga. Kita tidak tau betul apa yang sedang terjadi dirumahnya. Bisa jadi dia membantu orang tuanya sampai malam, bisa jadi dia sedang ada masalah keluarga dirumah yang mengakibatkan malamnya tidak bisa tidur, dsb.

Ketiga, adalah faktor lingkungan di kelas. Ini sangat penting ketika pembelajarannya offline ya. Suasana di kelas itu sangat mempengaruhi juga semangat kita dalam belajar. Ketika guru yang menjelaskan terkesan boring, hanya menjelaskan saja, mahasiswa juga pastinya jadi tidak ada gairah untuk mendengarkan juga. Mau mencari aktivitas lain, nanti malah mengganggu temen yang lain. Akhirnya memutuskan untuk tidur saja. Karena utuk alasan ketiga ini, saya mengalami sendiri. Bukan salah matkulnya, bukan salah materinya yang membosankan, tapi bagaimana guru / dosen mengemas semua itu agar kondisi di kelas menyenangkan dan bisa sama-sama menikmati jam pelajaran

1 Like

Menurut pendapat ku, jika jadwal kelas reguler maka yang paling bersalah adalah mahasiwa sendiri karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik, tidak bisa memberikan prioritas terhadap pembelajaran, tidak bisa menghargai dosen, dan juga tidak menjaga nama baik dirinya.

Mohon maaf sebelumnya, tapi aku tidak sepakat dengan pernyataan kakak.
Memberikan tugas itu memang sudah kewajiban guru/dosen, begitu pula dengan murid/mahasiswa yang memang kewajibannya adalah belajar dan mengerjakan tugas. Masalah tidur larut malam karena sibuk mengerjakan tugas, itu bukan salahnya guru/dosen, murid/mahasiswalah yang seharusnya bisa mengatur waktu dan skala prioritas mereka.
Menurut saya, tidur saat jam pelajaran itu memang salah, dilihat dari sisi manapun tetap saja salah, tidak ada celah untuk membenarkan perilaku buruk ini.

1 Like

Pertanyaannya menarik sekali, siapa yang salah? tentunya disini semua tergantung situasi dan kondisi perkuliahannya ya. Pendidikan di Indonesia tidak mengharuskan rakyatnya untuk melanjutkan sampai ke jenjang perkuliahan, jadi tentunya jika seseorang menjadi mahasiswa itu adalah pilihan mereka sendiri.

Disini kita bisa lihat dari sisi mahasiswanya terlebih dahulu, apa penyebab mereka tidur saat jam pelajaran? tentunya mereka punya alasan tersendiri, contohnya : begadang mengerjakan tugas, sibuk organisasi, atau bahkan sengaja tidur karena tidak tertarik dengan mata kuliahnya.

Jika dilihat dari sisi dosen, tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Jadi tentunya dosen yang baik bisa mengatur perkuliahan dengan semaksimal mungkin, tugas yang cukup, dan membuat peraturan dengan mahasiswa agar para mahasiswa bisa meraih hal terbaik yang bisa dia dapat di perkuliahan itu.

Dari kedua argumen diatas siapa yang salah? dan apakah perilaku seorang mahasiswa “tidur di kelas” bisa dimaklumi? perilaku tidur di kelas tentunya menunjukan bahwa mahasiswa tersebut tidak menghargai kelas itu, apapun alasannya. lebih baik keluar dari kelas saja, namun jika dosen yang mengajar tidak masalah dengan hal itu, silahkan lakukan saja, dan terima konsekuensi masing-masing baik dosen maupun mahasiswa.

Terlepas dari kesengajaan atau ketidaksengajaan, menurut saya tidur ketika pelajaran adalah hal yang tidak baik apabila dilihat dari sisi akhlak dalam menuntut ilmu. Kita sebagai pelajar sudah seharusnya menghormati guru ketika sedang memberi materi. Ketika ada yang tidur, teman atau guru berhak untuk menegurnya. Kalaupun tidak sengaja tidur yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya agar tetap bangun bukan malah meneruskan tidurnya. Karena ketika kita sudah berada di dalam kelas maka peraturan kelas lah yang harus diikuti. Kalau merasa sangat mengantuk dan tidak bisa tertahankan, tidak ada salahnya untuk keluar dari kelas tersebut agar tidak mengacaukan kondisi di dalam kelas. Namun konsekuensi ketika meninggalkan pelajaran tetap menjadi tanggung jawab pelajar.

Yang pertama, yang harus saya pastikan dulu, apakah mahasiswa tersebut sengaja tidur saat jam pelajaran? Jika iya, maka hal itu sangat tidak bisa dibenarkan. Tetapi jika karena tidak sengaja, mungkin ada berbagai faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Seperti manajemen waktunya yang kurang baik sehingga menyebabkan dia kurang tidur dan mengantuk saat kelas. Namun, bisa juga karena dia sakit sehingga secara tidak sengaja dia tertidur. Di samping beberapa faktor tersebut, mungkin mahasiswa itu dapat lebih bijak lagi dalam mengatur waktu tidurnya dengan baik.
Kemudian ketika kelas sedang berlangsung dan mahasiswa sudah mulai merasa mengantuk, mereka bisa pergi untuk membasuh muka agar lebih segar. Bisa juga minum atau makan permen (jika memang diperbolehkan oleh dosen ketika jam perkuliahan).

Menurut saya tidur saat jam pelajaran sah-sah saja dilakukan, tergantung bagaimana kondisinya. Karena tidur saat jam pelajaran akan lebih baik dibanding dengan berisik disaat jam pelajaran tersebut, yang mana tidak akan merugikan mahasiswa lain. Sementara, jika mahasiswa ribut di jam pelajaran, itu akan merugikan mahasiswa lainnya yang ingin fokus belajar. Tapi tetap, yang namanya tidur di jam pelajaran adalah tindakan yang salah, dan mahasiswa harus dapat mengatur diri nya sendiri agar tidak dapat tidur di jam pelajaran, contohnya mengatur waktu.

Saya orangnya yang cukup sering tidur di kelas sih karena kalau duduk nggak di depan, saya menjadi mudah tidak fokus dengan materi yang disampaikan dosen. Nah karena nggak fokus tadii jadinya saya ngelamun dan ujung-ujungnya ngantuk dan ketiduran. Saya tahu ini bukan hal yang tidak baik juga sih… tapi jujur saya tidur itu karena ketiduran, bukan karena sengaja untuk tidur. Biasanya saya minta tolong temen sebelah saya buat bangunin kalo saya beneran ketiduran. Nah ini mungkin yang jarang disepakati oleh guru/dosen dan mahasiswa di awal pertemuan. Saya sih lebih prefer kalau di awal sudah ada rules di dalam kelas harus seperti apa, kalau ada yang tidur bakal diapain. Agar mahasiswa yang lain serius dalam belajar di kelas. Namun di lain sisi juga kalo membuat rules seperti ini seakan-akan bahwa mahasiswa masih seperti anak kecil yang harus dituntun. Yang namanya mahasiswa memang harus lebih dewasa pemikirannya dan inisiatif sendiri tanpa dituntun oleh dosennya

Sebenarnya itu merupakan tindakan yang salah untuk mahasiswa. Sebisa mungkin kita jangan pernah tidur saat jam pelajaran. Karena itu merupakan waktu yang tidak tepat untuk tidur, tidak menghargai dosen yang sedang mengajar, dan merugikan waktu jam belajar kita.
jika mahasiswa tersebut mempunyai alasan yang logis (acara/kejadian/tugas mendadak) mengapa ia tidur di jam pelajaran, mungkin masih bisa dimengerti. Namun, jika mahasiswa tersebut tidur karena alasan yang tidak semestinya (nobar,ngerjain tugas), maka tindakan tersebut tidak bisa diterima dan pantas mendapat teguran.
Lalu, masalah siapa yang salah dari kasus ini, menurut saya mahasiswanya. karena jika mereka tidur karena tugas yang diberikan dosen, itu seharusnya tidak terjadi. karena kita sebagai mahasiswa harus bisa mengatur waktu untuk mengerjakannya. Jika tidak bisa dan harus mengorbankan jam tidur, mungkin kita bisa mengatasinya dengan minum kopi sebelum kelas berlangsung(?) Dan saya rasa bobot tugas yang diberikan dosen pasti masih bisa ditangani oleh mahasiswa. Namun jika tugas tsb membutuhkan persiapan yang lama, mungkin dosen juga seharusnya memberikan tenggat waktu yang lama juga. Juga, hitung-hitung pengorbanan ini menjadi latihan mahasiswa kedepannya saat menjalani dunia pekerjaan yang mana lebih sulit juga pastinya.

Yang tidur mahasiswa, kenapa mesti menyalahkan pihak lain?
Saya yakin, di antara berbagai alasan mahasiswa bisa ketiduran saat jam pelajaran, ada alasan yang mungkin penting, seperti misalnya karena shift malam bekerja paruh waktu yang gajinya juga untuk kebutuhan studinya. Namun, terlepas dari alasan apa pun, saya pikir tindakan tidur saat kelas berlangsung itu tetap saja salah. Tindakan seperti itu tidak mencerminkan sikap “menghargai” dosen yang sedang mengajar dan teman lain yang sedang belajar.

Seorang mahasiswa seharusnya sudah mampu membagi waktu sebaik mungkin, kapan dia harus buat tugas, bermain, makan, kerja, dan terutama tidur sebab kesehatan mestinya nomor satu. Jika merasa mudah mengantuk di pagi hari, sebaiknya hindari berkegiatan pada waktu terlalu malam.

Menurut saya, jika ada mahasiswa tidur saat jam pelajaran merupakan hal yang lebih baik tidak dilakukan. Karena mahasiswa tersebut tidak menghargai dosen yang sedang mengajar. Kecuali mahasiswa tersebut izin tidur dengan alasan yang jelas seperti sakit. Mungkin dosen akan bisa lebih mengerti apa yang sedang dialami oleh mahasiswanya. Berbeda halnya jika mahasiswa tersebut sengaja tidur pada saat jam pelajaran. Jika alasannya belum tidur semalaman, atau deadline banyak tugas. Itu merupakan salah mahasiswanya sendiri. Karena kita sebagai mahasiswa harusnya bisa lebih mengatur waktu dan tanggung jawab atas tugas yang sudah di berikan saat kuliah khususnya.