Bagaimana Pendapatmu Dengan Maraknya Kasus "Pinjaman Online"?

Akses layanan pinjaman online (pinjol) dari layanan teknologi keuangan (fintech) memang memberikan kemudahan. Hanya bermodalkan ponsel pintar dan internet, kamu bisa dapat pinjaman dana instan ke rekeningmu tanpa jaminan.

Namun, dengan kian maraknya layanan pinjol yang hadir di tengah masyarakat, kamu harus lebih waspada. Sebab, makin banyak pula pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan melalui penawaran pinjol ilegal atau abal-abal.

Tidak sedikit masyarakat yang terjerat penipuan dari pinjol abal-abal. Akibatnya, banyak masyarakat yang terbebani dengan bunga dan denda yang mencekik.Apalagi saat ini kita berada di era di mana orang lebih memilih minjem uang ke pinjol daripada le saudara atau teman. Ke saudara, di pinjemin kaga di hina, iya.

Miris banget sih, tapi emang gitu kenyataannya. Betul? Menurut kamu Bagaimana dengan fenomena ini?

1 Like

Semakin berkembangnya teknologi yang memudahkan kita, terutama dalam hal pinjaman online tersebut yang akan sangat memudahkan bagi yang membutuhkan. Namun kita harus mewaspadai dan mencari tahu lebih dalam terhadap situs penyedia pinajaman online yang akan kita pakai, apakah situs tersebut aman dan sudah terdaftar di OJK atau belum, pastikan situs mereka terpercaya sehingga data pribadi anda tidak akan disalahgunakan, dan konsultasikan keada teman atau kerabat kenalan anda yang sudah berpengalaman sebelum melakukan pinjaman online tersebut.

Fenomena pinjol menurut saya semakin meresahkan. Kondisi keuangan yang mepet kadang membuat orang tidak berpikir dua kali demi mendapatkan uang. Apalagi dengan adanya pinjol, orang-orang jadi merasa memiliki solusi di kala kepepet. Padahal, jika mereka tidak berhati-hati layanan pinjol justru membawa malapetaka. Apalagi jika berujung tidak mampu membayar tagihan. Tidak hanya oknum peminjam saja yang kena, kadang saudara atau oran terdekatnya ikut terkena imbas karena dijadikan jaminan.

Menjawab pernyataan diatas, menurut saya kasus pinjamna online ini dapat menjadi positif dan menjadi negatif. Jika dibahas dari segi positifnya, pinjaman online dapat memudahkan orang ketika sedang urgent membutuhkan dana demi kepentingannya. Tetapi kalau dibahas dari segi negatifnya, bisa saja karena adanya pinjaman online ini membuat orang-orang menjadikan hal ini sebagai solusi, tanpa memikirkan panjang-panjang bisa saja pada akhirnya tidak mampu membayar tagihannya sehingga yang ada menyusahkan orang tersebut.