Bagaimana pendapat anda terkait cara Affandi Koesoema dalam melukis karyanya?


(Nikita Tsalis) #1

Biografi-Affandi-Koesoema

Affandi Koesoema lahir di Cirebon pada tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1990, adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas.

Uniknya, jalan fikirannya sangat sederhana sampai pada suatu saat ketika ada kritisi Barat menanyakan aliran lukisan yang dibuat Affandi. Affandi malah berbalik tanya tentang aliran-aliran lukisan. Ia tidak menunjukan kejeniusannya, tapi orang-orang menilainya sebagai Maestro, hasil karyanya pun mencapai 2000 karya. Cara melukisnya pun sangat lucu, ia tidak melukis seperti para pelukis umumnya, ia tidak menggunakan kuas. Bagaimana pendapat anda terkait cara Affandi Koesoema dalam melukis karyanya?


(Shiella Regina Febriyanisa) #2

Cara Affandi Koesoema dalam Melukis

Menurut saya, cara melukis Affandi cukup lucu, ia tidak melukis seperti para pelukis umumnya, ia tidak menggunakan kuas. Hanya menumpahkan cat-cat berwarna kedalam lukisannya yang membuat kesan pertama sangat amburadul, namun setelah itu ia menyikat warna-warna cat tersebut dengan jarinya. Selain itu karya-karya nya juga cukup unik karena tidak menggunakan kuas. Salah satu contoh karyanya yaitu:
800-950 Jt

Hasil karya Affandi Koesoema : Kebun Cengkeh, Ayam tarung, Perahu dan Matahari, Sis Cut Sunflowers, Barong & Leak, Andong Jogja, Jatayu, Kepala Kuda dan lain-lain.