Bagaimana pendapat anda tentang pemecatan Jenderal MacArthur di pulau Wake ?

300px-Truman_and_MacArthur

Pulau Wake (juga dikenal sebagai Wake Atoll) adalah karang atol di Samudera Pasifik barat di wilayah timur laut dari subregion Mikronesia, 1.501 mil (2.416 kilometer) timur Guam, 2.298 mil (3.698 kilometer) barat Honolulu dan 1.991 mil ( 3.204 kilometer) tenggara Tokyo. Pulau ini merupakan wilayah Amerika Serikat yang tidak terorganisir dan tidak terkait yang juga diklaim oleh Republik Kepulauan Marshall. Pulau Wake adalah salah satu pulau paling terpencil di dunia dan pulau yang dihuni terdekat adalah Utirik Atoll di Kepulauan Marshall, 592 mil (953 kilometer) ke arah tenggara.

Pulau di tengah Pasifik di mana MacArthur dan Truman bertemu pada 15 Oktober 1950. Presiden Truman hadir ke pulau tersebut untuk membahas pemberhentian Jenderal MacArthur sebagai pemimpin utama perang. Truman menganggap bahwa MacArthur akan membawa perang korea menjadi perang dunia lainya dan Truman sendiri menginginkan bahwa perang Korea terjadi di dalam Korea saja. Perselisihan ini diawali saat pasukan China mulai ikut bertempur bersama pasukan Korea utara dalam menghadapi Amerika dan pasukan Korea selatan. MacArthur lalu meminta izin kepada Trumah untuk membom wilayah China serta menggunakan pasukan nasionalis China yang berada di Taiwan untuk menyerang China. Ini berarti secara otomatis perang akan melebar ke wilayah China sementara Truman menginginkan perang yang di wilayah Korea saja.

Konferensi Truman-MacArthur di pulau Wake ditunjukan untuk mencari jalur tengah antara kedua tokoh besar Amerika tersebut terhadap jalur yang akan diambil di perang Korea. Sebuah perjanjian pun tercapai namun tidak berumur lama dan konflik mereka semakin lama semakin diketahui publik. Akhirnya pada April 1951 Presiden Truman memecat MacArthur dari komando perang dan menggantikanya dengan Jenderal Mattew Ridgeway.

Bagaimana pendapat anda tentang pemecatan Jenderal MacArthur di pulau Wake ?

Sumber :