Bagaimana pangan bisa mengalami kelangkaan?

Kenapa ya ka ketika sedang membeli bahan makanan di pasar seringkali barang yang ingin dibeli tidak ada, bagaimana bisa kelangkaan bahan pangan di pasar bisa terjadi?

Kelangkaan bahan pangan bisa terjadi, hal ini sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut yaitu 1) Persoalan dunia mengenai pangan yang semakin kompleks akibat penurunan produksi pangan yang dikarenakan perubahan iklim global dan konservasi bahan pangan menjadi energi yang didorong oleh peningkatan permintaan karena kekhawatiran negara yang berkependudukan besar untuk membeli stok pangan dunia sebab ditakutkan stok pangan domestik tidak mampu memenuhi permintaan dalam negeri. 2) Ditambah lagi fenomena persaingan pangan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan ternak serta energi yang terus berlanjut hingga di masa yang akan datang. 3) Selain itu, kompetisi lahan yang digunakan untuk tanaman lain yang lebih menguntungkan. 4) Penambahan kapasitas produksi lahan tanaman pangan tidak sangat signifikan dengan kecepatan peningkatkan kapasitas produksi tanaman perkebunan, yaitu kelapa sawit, karet, dan kakao dengan laju yang cepat dalam jangka waktu yang lama sehingga luas lahan sawah cenderung stagnan. dan 5) Persoalan lainnya yaitu kelangkaan sarana produksi, seperti benih dan pupuk, ketersediaan air, buruknya fasilitas jaringan irigasi dan infrastruktur pedesaan, dan perubahan iklim mengakibatkan perubahan musim tanam/panen.

Daftar Pustaka
Azahari, D., H. 2008. Membangun Kemandirian Pangan dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Nasional. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

2 Likes