Bagaimana pandangan anda tentang mereka yang menerima gaji buta?

gaji buta

Gaji adalah hasil dari sebuah pekerjaan, ada beberapa pekerja yang tidak bekerja tapi masih tetap mendapatkan gaji, mereka disebut menerima gaji buta. Bagaimana pandangan anda tentang mereka yang menerima gaji buta ?

Gaji buta merupakan gaji yang didapatkan tanpa melakukan pekerjaan yang sepenuhnya, hal ini dikarena sikap atau tanggungjawab yang kurang akan tugas yang diembannya. gaji buta juga merupakan salah satu bentuk korupsi. sebagai contohnya misal ada seorang pegawai atau PNS yang tidak amanah dalam waktu, masuk kerja terlambat dan tanpa izin atau bahkan mtanpa kerja sama sekali dan orang ini diakhir juga mendapatkan gaji yang rutin setiap bulannya. perilaku seperti inilah yang dimaksudkan dengan gaji buta yaitu bertindak kurang bijak namun mengharapkan gaji seutuhnya dan ini merupakn perilaku dari seorang koruptor. Padahal bagi seorang pegawai yang telah berjanji akan melaksanakan amanahnya, yaitu bekerja dengan waktu-waktu tertentu dan ia memang digaji untuk hal itu, hendaknya berusaha menunaikan amanahnya sebaik mungkin, begitu juga dengan jam kerjanya, hendaknya ia gunakan jam kerja yang telah disepakati untuk benar-benar bekerja sesuai dengan amanahnya. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kita agar menunaikan amanah dengan profesional dan sebaik mungkin. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Al-Nisa(4): 58 yang artinya: “Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk menunaikan amanat kepada yang berhak”.

Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam bekerja, karena apa yang kita peroleh dalam penghasilan kita juga akan menjadi darah daging anak keturunan kita. Apakah tega memberi makan anak istri kita dengan harta yang haram?, tanyakan pada hati nurani kita masing-masing. Mari kita tunaikan amanah yang kita pikul sebaik mungkin, sehingga harta yang kita dapatkan dari bekerja memang benar-benar kristalisasi dari keringat yang halal sehingga bisa membawa berkah dan kebaikan yang banyakbagi pribadi dan keluarga.