Bagaimana Minimum Viable Product dari Twitter hingga akhirnya meraih kesuksesan seperti saat ini?

Minimum Viable Products (MVPs) sering menjadi awal bagi banyak calon pemula dan pengusaha, dan merupakan pilar kesuksesan pertama bagi banyak perusahaan berbasis Internet terbesar di dunia. Karena nilai MVP yang tak terbantahkan menambah perjalanan startup, tidak mengherankan melihat bahwa banyak perusahaan yang memulai dengan MVP telah mencapai ketenaran dan kekayaan besar.

1 Like

twitter_mvp1

Twitter yang awalnya disebut twttr adalah jaringan sosial 140-karakter yang bertanggung jawab atas penemuan #hashtag. Kembali pada bulan Maret 2006, empat anggota dewan (Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone, dan Noah Glass) dari Odeo, sebuah perusahaan podcasting, muncul dengan ide untuk mengembangkan layanan SMS yang akan memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan sekelompok orang.

Minimum Viable Product

Prototipe Twitter asli dirancang untuk pengguna internal di Odeo sebagai cara mengirim pesan ke karyawan lain dan melihatnya di tingkat grup. Setelah pengujian internal awal, Twitter dirilis ke publik pada 15 Juli 2006. Keberhasilan nyata Twitter datang ketika itu ditampilkan di South by Southwest Interactive conference pada tahun 2007. Platform jejaring sosial ini melihat peningkatan tweet selama acara dari 20.000 sehari menjadi 60.000. Setelah konferensi, popularitas Twitter dan basis penggunanya meningkat pesat.

Investasi

Twitter menerima total delapan putaran investasi sebelum go public pada 2013. Berikut ini beberapa investasi awalnya:
Seri A: 5 juta pada tanggal 1 Juli 2007. Seri B: 15 juta pada tanggal 1 Mei 2008.
Seri C: 35 juta pada 13 Februari 2009. Seri D: 100 juta pada 25 September 2009.
Twitter menjadi publik pada 7 November 2013. Harga saham asli melonjak dari 26,00 menjadi 44,90 per saham pada hari pertama di bursa saham, meninggalkan Twitter dengan kapitalisasi pasar sebesar $ 26,46 miliar.

Kunci Keberhasilan MVP

Twitter dirilis ke sekelompok kecil orang untuk menguji dan mendapatkan umpan balik. Saat ini Twitter banyak fitur yang dikandung tidak termasuk dalam beberapa rilis pertama, memungkinkan platform untuk fokus pada tujuan awalnya. Twitter telah menjadi alat jejaring sosial paling populer kedua di dunia, di belakang Facebook dengan lebih dari 284 juta pengguna aktif bulanan. Serta harga saham Twitter telah meningkat dari harga mulai dari 26,00 menjadi 39,00 per saham.

Referensi:
https://clearcode.cc/blog/successful-startups-minimum-viable-product/