Bagaimana Mini 4WD Di Indonesia perkembang?

Mini 4WD Di Indonesia

Mini 4WD sebenarnya telah dikenal sejak lama oleh masyarakat di Indonesia. Mobil mainan mini 4WD ini dikenal pertama kali dengan diputarnya film Dash Yonkuro di layar televisi pada tahun 1989. Kemuudian sejak saat itu dengan dinamika perkembangan permainan di Indonesia maka permainan mini 4WD ini berkembang dan memiliki penggemar di Indonesia.

Kelas Perlombaan Mini 4WD di Indonesia

Perkembangan permainan mini 4WD di Indonesia terlihat dengan bermunculannya banyak kelas perlombaan untuk permainan mobil mini 4WD ini oleh masyarakat Indonesia baik anak-anak maupun dewasa. Kelas yang dilombakan untuk permainan mini 4WD ini diantaran ya adalah :

  • Kelas Speed, pada kelas speed mobil diseting untuk dapat melaju dilintasan secepatnya dilintasan lurus maupun belokan selama race berlangsung.
  • Kelas Sloop, pada kelas sloop mobil mini 4WD diseting untuk dapat melintasi lintasan lurus, belokan dan rintangan dengan kecepatan cukup kencang selama race berlangsung.
  • Kelas Drag, Untuk kelas drag mobil mini 4WD diseting untuk dapat melaju secepatnya pada lintasan lurus pada jarak lintasan tertentu.
  • Kelas Handycap, pada kelas ini mobil mini 4WD diseting untuk dapat melaju secepatnya dan dapat melewati rintangan pada lintasan perlombaan.
  • Kelas STB (Standard Box), pada dasarnya untuk kelas ini melombakan kit mobil mini 4WD apa adanya dari paket pembelian kit mini 4WD tersebut.
  • Kelas STO (Standard Original), untuk kelas STO mobil mini 4WD diseting sedemikian rupa untuk dapat melaju dan melewati rintangan pada litasan dengan syarat komponen yang digunakan untuk memodifikasi mobil mini 4WD adalah produk pabrikan tertentu.
  • Kelas Standar Modif atau Standard Bebas, pada kelas ini merk kit mini 4WD dan komponen untuk memodifikasi tidak ditentukan akan tetapi bentuk modifikasi diberikan aturan tertentu dan seting mobil ditujukan untuk dapat melintasi lintasan selam race berlangsung.

Kit Mini 4WD Di Indonesia

Beberapa merk mobil mini 4WD yang beredar dan populer di Indonesia antara lain :

Mini 4WD Merk Tamiya

Tamiya adalah merk kit mobil mini 4WD yang paling populer di Indonesia, sampai nama tamiya menjadi istilah dalam penyebutan kit mobil mini 4WD tersebut. Tamiya adalah produsen mobil mini 4Wd yang paling banyak mengeluarkan varian atau tipe mobil mini 4WD untuk dipasarkan di Indonesia.

Mini 4WD Merk Tamiya

Beberapa tipe kit mobil mini 4WD yang populer diantaranya adalah :

  • Mini 4WD Pro
  • Super Mini 4WD
  • Aero Mini 4WD
  • Mighty Mini 4WD
  • Mechanical Mini 4WD
  • Mini 4WD Limited Edition

Dimana tiap tipe diatas memiliki banyak kit untuk tiap tipe yang dikeluarkan. Bahkan tamiya juga mengelompokan kit mini 4wd tersebut dalam beberapa seri mini 4WD sesuai keluarganya seperti :

  • Seri Dash
  • Seri Dragon
  • Seri Rev
  • Dan seri lainya

Berikut contoh kit mini 4WD tamiya yang dimodifikasi untuk mengikuti kelas STO.

mini 4WD tamiya japan style

Kit Mini 4WD Merk Auldey

Kit Mini 4WD Merk Auldey

Varian dari mobil mini 4WD merk auldey ini tidak banyak, akan tetapi varian auldey ini cukup terkenal tertama seri go for speed. Kit mini 4WD merk auldey populer di Indonesia pada saat diadakanya perlombaan “auldey go for speed” yang dilaksanakan dengan sistem seri sehingga berlangsung cukup lama. Berikut adalah salah satu contoh kit mini 4WD merk Auldey tipe Go For Speed yang telah dimodifikasi.

auldey go for speed

Kit Mini 4WD Merk Aoda

Kit mini 4WD merk aoda adalah kit mini 4WD yang meniru produk dari Tamiya untuk tipe PRO. Produk mini 4WD merk Aoda cukup populer terutama setelah dikenalnya kelas Aoda speed, dimana kit mobil mini 4WD merk aoda dimodifikasi agar dapat melaju dengan kencang pada lintasan seperti pada kelas speed. Untuk varian mobil mini 4WD yang dikeluarkan oleh Aoda tidak banyak. Berikut adalah contoh varian mini 4WD merk Aoda.

Kit Mini 4WD Merk Aoda

kelas Aoda speed

Selain merk kit mini 4WD diatas sebenarnya ada merk gokey akan tetapi tidak terlalu populer di Indonesia, Oleh karena itu tidak banyak masyarakat pecinta mini 4WD yang mengenal secara detil merk gokey tersebut.

Wah jadi terdapat kelas-kelas nya dari awal mula ada komunitasnya hahahaha kirain tiba2 langsung saja bebas mulai dari kalangan apapun yang penting megang tamiya :stuck_out_tongue: