Bagaimana Merencanakan Tujuan Realistis untuk Diri Sendiri (Realistic Personal Goal Setting)?

rencana tujuan realistis untuk diri sendiri

Merencanakan Tujuan Realistis untuk Diri Sendiri (Realistic Personal Goal Setting) – kemampuan untuk mengatur tujuan untuk diri sendiri yang dapat diraih melalui sumber daya yang ada dan kurun waktu yang sudah ditentukan.

1 Like

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Dalam mewujudkan keinginan tersebut tentu kita harus melakukan hal-hal yang dapat merealisasikan tujuan tersebut. Ada dua pertanyaan mendasar yang harus kita tanyakan ketika ingin mewujudkan tujuan tersebut. yang pertama adalah apakah kita sudah bergerak semakin dekat dengan tujuan kita ? dan yang kedua adalah apakah sebenarnya tujuan yang ingin kita capai itu ?.

Dengan terjawabnya kedua pertanyaan dasar tersebut, maka kita dapat dengan mudah merencanakan bagaimana cara untuk merealisasikan tujuan itu. Dan ada 3 catatan penting agar kita dapat dengan mudah mencapai tujuan yang kita inginkan, yaitu kejelasan tentang tujuan tersebut, bertindak secara benar dan mendatangkan tujuan itu kepada diri kita.

Memiliki kejelasan tentang apa yang ingin kita capai merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya kejelasan yang bisa kita tulis maupun gambarkan, maka akan mempermudah kita untuk mencari motivasi serta merencanakan pencapaian untuk mencapai tujuan tersebut. Tentu saja hal ini juga mengurangi kesalahpahaman dan ketidakpastian yang timbul dikemudian hari karena kita telah menuliskannya terlebih dahulu.

Setelah memiliki tujuan yang jelas, kita dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan apa yang kita ingin capai. Kita dapat membuat langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mempermudah kita mencapai keinginan kita. Langkah tersebut bisa berupa aim harian, mingguan atau bulanan sampai nanti akhirnya kita mendekati atau mencapai tujuan kita. Kita juga dapat menuliskan target waktu dalam mencapai aim maupun tujuan terakhir kita, jadi kita bisa lebih memanfaatkan waktu dengan baik.

Setelah melakukan perencanaan, kita bisa melihat diri kita dalam tujuan tersebut. Dengan memproyeksikan diri kita di dalam gambaran tujuan tersebut, kita dapat memotivasi diri kita untuk bisa terus menjalani rencana yang telah dibuat sehingga dapat tercapai tujuan yang kita inginkan. Tentunya juga kita harus memiliki kegigihan dalam melaksanakan semua yang telah kita persiapkan.

Jadi, jika ingin mencapai tujuan yang kita inginkan, maka berpikirlah secara realistis dan jelas. Memiliki tujuan yang realistis dan jelas membuat kita berpikir realistis juga tentang bagaimana kita mewujudkan tujuan kita tersebut. Dengan adanya cara yang realistis maka kita akan bertindak secara realistis dan jelas sesuai dengan rencana yang telah kita buat. Sehingga, rencana untuk mewujudkan tujuan tersebut akan mudah dicapai dan kita nikmati.

Referensi: http://advancedlifeskills.com/blog/3-keys-to-realizing-your-dreams-and-goals/

1 Like

      Merencanakan tujuan realistis merupakan tantangan yang muncul dari diri kita sendiri untuk menentukan tujuan yang kita yakini untuk dapat kita capai. Berikut ini merupakan cara - cara merencanakan menurut Lea McLeod, M.A. :

  • Kejelasan
    Ketika kita jelas memvisualisasikan hasil yang kita inginkan, Anda mulai melihat kemungkinan mencapai itu dan kita dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk membangun rencana tersebut.

  • Mau belajar lebih
    Kita menyadari bahwa untuk hasil yang diinginkan benar-benar realistis, kita perlu mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tambahan

  • Berkomitmen
    Kita mendapatkan komitmen hanya ketika kita yakin bahwa tujuannya adalah penting untuk kita dan pasti itu dicapai.

  • Menerima masukkan
    Agar kita terus memberikan perubahan yang signifikan maka kita juga harus mencari masukkan dan informasi untuk menindetifikasi potensi.

  • Membuat faktor sukses
    Mencapai tujuan kita hanya memerlukan dua kondisi: waktu dan latihan. Waktu berpengaruh karena tujuan yang realistis butug waktu untuk menyelesaikannya. Latihan atau praktek jelas merupakan kunci utama untuk kemajuan kita mendekati tujuan.

Rencanakan Tujuan Hidupmu Secara Realistis!


Tujuan realistis adalah tujuan yang dapat dicapai dalam waktu tertentu oleh seorang manusia. Untuk membuat suatu tujuan hidup menjadi realistis, berarti kita harus menentukan langkah-langkah pasti untuk mencapainya. Ada suatu teknik untuk membantu kita mencapai tujuan realistis yang kita inginkan, yaitu Individual Development Planning atau IDP. Berikut beberapa langkah membuat IDP :

1. Mulailah dengan menuliskan daftar tujuanmu
Ingin kuliah S2 di Eropa, ingin menjadi asisten lab, ingin meraih medali emas di PIMNAS, dan lain sebagainya. Keinginan ini hanya akan menjadi sebatas keinginan jika kita tidak memetakan langkah-langkah untuk mencapainya. Tulislah semua keinginanmu dan alasan mengapa kamu harus meraihnya.

2. Identifikasi kekuatanmu saat ini
Sangat penting untuk mengidentifikasi kekuatan kita saat ini. Apa yang bisa kita lakukan, apa yang kita sudah pelajari, Perhatikan kompetensi diri yang sudah kamu miliki (kemampuan softskill atau hardskill yang dimiliki saat ini, pengetahuan, dan finansial atau penunjang kehidupan lainnya). Kamu bisa melihat, apakah tujuan yang ingin kamu capai bisa kamu capai dengan kompetensi yang kamu miliki saat ini.

3. Identifikasi Aksi menuju tujuan yang ingin dicapai
Kita secara logika tidak bisa menyebutkan diri kita sudah pernah mengunjungi pulau Lombok jika kita tidak pernah menaiki pesawat terbang dari Jakarta menuju pulau Lombok. Secara logika kita tidak bisa dikatakan menjadi lulusan cumlaude jika IPK kita di bawah 3,5. Aksi untuk mencapai tujuan sangatlah penting. Jika kita memiliki keinginan untuk kuliah S2 di Eropa, kita harus bisa memetakan langkah-langkah kecil mulai dari 1) mencari universitas yang dituju (aku ingin kuliah S2 di Oxford University jurusan Philosophy & Social Politic), 2) menyiapkan diri dengna melengkapi persyaratan (skor TOEFL harus di atas 550 maka dari itu harus mengikuti Tes TOEFL, 3) dan sebagainya.

4. Tentukan waktu, biaya, dan orang yang bertanggung jawab atas Aksi yang dilakukan
Setelah menjabarkan aksi-aksi kecil menuju tujuan utama, tentukan kapan kita akan melakukannya. Misal akan mengikuti tes TOEFL, kapan? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Siapa yang akan membiayai? Pertanyaan ini haruslah terjawab dengan jelas.

5. Diskusi dengan orang terdekat atau ahli
Bicarakan keinginan kamu kepada orang terdekat misal keluarga yang lebih memungkinkan untuk membantumu melakukan aksi-aksi untuk mencapai tujuanmu. Atau diskusi dengan dosen perihal universitas yang akan dituju,

6. Mulai melakukan aksimu
Jangan lupa ide tanpa eksekusi sama saja bohong, keinginan tanpa direalisasikan hanya akan menjadi khayalan, oleh karena itu mulailah aksimu dari sekarang. Secara rutin evaluasi daftar IDP yang sudah kamu buat. Dalam kurun waktu tertentu langkah kecil apa yang sudah berhasil kamu capai. Evaluasi kendala. Dengan begitu kamu akan selalu terjaga dan fokus untuk mencapai tujuan.


Referensi : http://hrpeople.monster.com/news/articles/2106-how-to-write-a-great-individual-development-plan-idp?page=4

1 Like

Dalam hidup kita tentu mempunya tujuan yang ingin kita capai.Tujuan kecil maupun besar dapat menjadikan hidup lebih bahagia apabila kita dapat mencapainya. Memiliki tujuan yang ingin kita capai tentu saja bukan angan-angan saja apabila kita mau berusaha mencapainya. Walaupun jalan menujunya tidak selalu mudah, tetapi memiliki tujuan merupakan bagian dari sebuah kehidupan. Hidup kita akan lebih bermakna apabila mempunyai tujuan. Mampu mengarahkan kita ke arah yang kita inginkan.

Menurut website Action For Happines ada banyak action berupa langkah-langkah yang bertujuan untuk membuat hidup lebih bahagia, salah satunya adalah Menentukan Tujuan Anda serta Merealisasikannya, dimana di dalamnya terdapat 7 langkah untuk merencanakan sebuah tujuan serta merealisasikannya, yaitu :

  1. Decide. Pikirkan sesuatu yang ingin kita lakukan, idealnya adalah sesuatu yang sangat kita gemari atau sukai. Itu harus sesuatu yang kita mau lakukan karena memang benar-benar kita sukai bukan karena lain hal atau orang lain.

  2. Write it down. Dengan menuliskan tujuan / goals kita maka akan mendorong kita untuk tetap fokus pada tujuan yang telah kita tulis. Tulis juga tentang bagaimana kita mencapai tujuan tersebut dan kapan kira-kira dapat mewujudkannya.

  3. Tell someone. Dengan memberi tahu orang lain mengenai tujuan kita, itu akan meningkatkan kemungkinan kita untuk tetap berfokus untuk mencapai tujuan tersebut.

  4. Break your goal down. Terutama untuk tujuan yang besar. Pikirkan tujuan yang lebih sederhana yang nantinya akan menjadi batu loncatan kita untuk tujuan yang lebih besar lagi. Mempunyai beberapa tujuan sederhana akan mempermudah kita dan memberikan rasa kesuksesan saat kita telah mencapainya, yang mana nantinya akan menuntun kita kepada tujuan pencapaian yang lebih besar lagi.

  5. Plan your first step. Peribahasa Cina kuno mengatakan bahwa “perjalanan 1000mil dimulai dengan langkah pertama”. Walaupun tujuan kita adalah berjalan sepanjang 1000mil, memikirkan tentang langkah pertama akan sangat membantu kita dalam memulainya. Meskipun kita tidak tau darimana memulainya, namun tidak ada alasan untuk tidak berani mengambil langkah pertama.

  6. Keep going. Berusaha untuk mencapa tujuan kadang dapat menjadi sulit dan membuat frustasi. Jika langkah yang kita ambil tidak bekerja sebagaimana mestinya, carilah cara lain untuk tetap maju ke depan, biarpun hanya sedikit demi sedikit. Jika kita kesusahan, mintalah bantuan teman kita untuk mencoba memberi ide tentang apa yang bisa kita lakukan. Jika kita benar-benar terjebak dan tidak bisa maju lagi, berhentilah sejenak dan cari tahu apa yang bisa membantu kita untuk mencapai tujuan.

  7. Celebrate. Saat kita telah mencapai tujuan kita, luangkan waktu untuk menikmatinya dan tidak lupa untuk berterima kasih kepada mereka yang telah membantu kita.


“Makes the impossible goals possible”

Berbicara tentang goals, Elon Musk dengan sempurna menunjukkan kemampuan dia dalam menetapkan tujuan dalam setiap misi yang dipimpinnya. Elon Musk pun pernah menyinggung para Investors Tesla bahwa, Profits are not our primary goal.

Bagi banyak perusahaan, mungkin pesan tersebut tidak menyenangkan dimana merupakan suatu hal yang biasa bahwa profit adalah tujuan utama dari perusahaan, tetapi untuk Elon Musk, itu menandakan bahwa dia memiliki tujuan yang lebih tinggi – tujuan untuk mengubah ketergantungan manusia terhadap bahan bakar fossil yang sebenarnya sudah merusak lingkungan, dan memberikan kesempatan bagi setiap manusia untuk memberikan kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan

Anehnya, setelah menuliskan kalimat tersebut, nilai saham Tesla terus beranjak naik akibat dari keyakinan dan transeden Musk dalam mendeklarasikan tujuan. Tetap fokus pada tujuan itulah yang membuat Musk berhasil melewati segala macam kegagalan.

Salah satu kunci faktor yang kita pelajari dalam merencakan tujuan adalah realistis dan dapat dicapai. Tujuan Elon Musk dan SpaceX bisa dibilang bold dan lofty, dimana mereka ingin membuat koloni di Mars. Tidak dapat dibilang apakah mereka realistis dan apakah tujuan tersebut dapat dicapai tetapi yang pasti eksplorasi Mars sangat penuh ketidakpastian. Elon Musk mengakui hal tersebut, tetapi Musk juga tahu bahwa ketidakpastian tidak lah sama dengan tidak realistis dan tidak dapat dicapai.

A post was merged into an existing topic: Apa yang dimaksud dengan Goal Setting Theory?