Bagaimana meredamkan amarah seseorang?

marah

Kita tidak ingin orang yang berada di dekat kita terus-terusan terbawa emosi atau marah sehingga kita ingin berusaha meredamkan amarahnya. Lalu bagaimana cara yang tepat ?

1. Cobalah untuk Tenang dan Mendengar

Biarkan orang yang marah untuk meluapkan amarahnya terlebih dahulu. Mereka butuh waktu untuk mengungkapkan perasaannya. Istilah lainnya adalah “Beri waktu supaya asapnya keluar semua dahulu”. Dalam tahapan ini Anda hanya perlu mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Jadilah pendengar yang baik. Sesuaikan bahasa tubuh Anda, ikutlah berdiri sambil mendengar (orang yang sedang marah hebat pasti marahnya sambil berdiri).

Anda bisa memberi respon verbal dengan berkata “Hmm….” atau “Okay…” plus sesekali menganggukkan kepala tanda benar-benar mendengarkan.

Setelah sekian waktu, pasti intensitas kemarahan akan bertambah menurun. Nggak mungkin kan orang bisa terus menerus marah dengan nada tinggi? Suatu saat pasti mereka akan merasa lelah dan kehabisan nafas.

2. Ubah state mereka

Yang dimaksud dengan state adalah kondisi dan bahasa tubuh. Orang yang sedang emosi pasti bahasa tubuhnya juga menunjukkan hal yang senada, misalkan: posisi berdiri, berkacak pinggang sambil menunjuk ke arah Anda.

3. Tunjukkan bahwa Anda mengerti

Orang yang sedang emosi butuh untuk dimengerti. Dengan mengerti bukan berarti Anda membenarkan apa yang dia sampaikan, Anda hanya menunjukkan bahwa Anda memahami apa yang dia rasakan.