Bagaimana merawat anak ikan molly ?

Ikan Molly

Ikan Molly (Poecilia sphenops) memiliki bentuk tubuh seperti ikan guppy karena memang satu marga, tetapi lebih besar dan dapat tumbuh sampai 12 cm. berwarna asli hitan tetapi karena dikawin silangkan dengan jenis ikan platy, maka beragam warna dapat dihasilkan.

Bagaimana merawat anak ikan molly ?

Kegiatan pemeliharaan anakan ikan molly balon ini dilakukan di kolam pendedelan dengan ukuran sekitar 200-500 m2. Sebelum digunakan, kolam tersebut perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Caranya adalah menjemur kolam tersebut selama 5-7 hari, kemudian memberikannya kapur dan pupuk sesuai dengan ketentuan.

Umur benih ikan molly yang dipakai sekitar 5-7 hari dengan ukuran 1-1,5 cm. Benih tersebut selanjutnya disebar dengan tingkat kepadatan 100-200 ekor/m2. Dalam waktu sebulan pemeliharaan, benih-benih ikan ini akan tumbuh dan memiliki panjang sekitar 2-3 cm. Benih yang sudah berumur 2 bulan dan panjangnya 3-5 cm harus dipindahkan ke kolam pembesaran dengan tingkat kepadatan25-50 ekor/m2.

Anak ikan molly yang baru lahir belum memerlukan pakan sebab masih mempunyai cadangan makanan yang terkandung dalam kuning telurnya. Barulah dalam usia 4-5 hari, ikan ini bisa diberi makanan berupa kutu air yang telah disaring atau kuning telur ayam rebus. Ikan molly yang berukuran 2-3 cm bisa mulai dikasih makanan cacing. Dan ketika sudah dewasa, ikan molly balon yang berukuran 5-7 cm dapat diberi pakan cuk.

Pakan yang digunakan juga dapat berupa dedak halus sebanyak 3-5% dari total bobot anak ikan molly. Sesekali bisa pula memberikan makanan berupa pelet 2 mm sebanyak 3 kali jumlah bobot benih. Pakan-pakan ini diberikan dengan frekuensi 2 kali sehari. Dengan pola makan seperti ini, ikan-ikan molly siap dipasarkan dalam waktu kurang lebih 4-5 bulan perawatan.

Penggantian air bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Tujuannya adalah menjaga lingkungan media pemeliharaan supaya tetap bersih dan sehat. Hindari penggantian air yang terlampau sering karena justru dapat mengakibatkan stres.

sumber: