Bagaimana merancang sistem informasi pelanggan PDAM?

PDAM / Perusahaan Daerah Air Minum saat ini sedang mengalami kesulitan dalam mendata seluruh pelanggannya sehingga diperlukan suatu cara supaya data pelanggan bisa langsung tercatat didalam sistem. Sehingga

Bagaimana cara mendata penggunaan air seluruh pelanggan PDAM agar bisa langsung masuk ke sistem ?

image

Perusahaan Daerah Air Minum PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah penyedia Sarana Penyediaan Air Minum. Sebagai salah satu perusahaan pelayanan publik yang selalu mengikuti perkembangan teknologi untuk men-support pelayanan kepada masyarakat.

Dengan bepikir komputasional kita perlu merumuskan / memformulasikan suatu cara agar dapat mencatat penggunaan air dari pelanggan PDAM. Dengan merumuskan / memformulasikan solusi bisa ditemukan sehingga dapat memberikan efisiensi.

Berikut adalah cara-cara dalam mendata penggunaan air pelanggan PDAM :

1. Persiapkan pekerja lapangan

Karena tersebarnya para pelanggan PDAM membuat pekerja masih harus berada di lapangan sehingga dibutuhkan para pekerja yang siap untuk berada dilapangan sebagai pencatat di tiap-tiap rumah.

2. Persiapkan smartphone

Dengan adanya bantuan smartphone saat ini mempermudah pekerja dalam memfoto pencatat meter penggunaan air pelanggan PDAM, sehingga smartphone ini berfungsi untuk memfoto dan meng-upload hasil foto pencatatan.

3. Membuat Aplikasi

Dengan adanya para pekerja sebagai programmer di PDAM bisa mempermudah para pekerja lapangan dalam mencatat penggunaan air pelanggan, sehingga setelah semua pekerja telah mendapat data foto catatan meter penggunaan air pelanggan bisa langsung di simpan di dalam database aplikasi sehingga pekerja lain yang bertugas mencatat hanya tinggal mengecek data pelanggan apakah sudah masuk ke dalam sistem / belum.