Bagaimana menjinakkan kuda untuk dipelihara?

Bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menjinakkan kuda?

Cara yang dapat dilakukan untuk menjinakkan kuda antara lain.

  1. Luangkan waktu bersama kuda Anda setiap hari, mulailah dengan mendekati dan melakukan perawatan grooming padanya. Grooming membantu Anda terhubung dengan si kuda dan mengembangkan ikatan dengan kuda tersebut.
  2. Jangan pernah meneriaki, memukul, melemparkan barang kepadanya, atau bertindak secara agresif. Hal ini bisa menakuti kuda dan menghancurkan kepercayaannya pada diri Anda. Berbicaralah pada kuda dengan nada yang tenang dan suara yang pelan.
  3. Mulailah dengan memperkenalkan kekang bersamaan dengan halter pada kuda. Gosokkan kekang secara halus di seluruh bagian wajah kuda. Cobalah membuat kuda membuka mulutnya untuk menggigit kekang. Bersikaplah sangat lembut.
  4. Pasangkan penutup telinga di atas telinga kuda. Jangan kencangkan sabuknya dahulu.
  5. Ajarkan kuda untuk berjalan dengan benar di sebelah Anda, sembari menuntunnya dengan tali kekang. Saat kuda bergerak melingkar di sekitar Anda, Anda harus mengajarkan perintah melalui suara. Perkenalkan kuda pada kata-kata: “tahan,” “berdiri,” “jalan,” dan “kembali”. Pastikan Anda melatih kuda agar ia memahami perintah “tahan” dan “jalan” sebelum melakukan apa pun. Lalu, Anda bisa memperkenalkannya pada perintah-perintah gerakan yang lebih cepat, misalnya “trot.”