Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri?

Cara Membangun Rasa Percaya Diri.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Psychology Today , memiliki rasa percaya diri yang rendah cenderung membuat seseorang untuk selalu mengkhawatirkan kesalahan dulu dan ketakutan akan mengulanginya.

Perenungan yang berlebihan mengenai hal ini akan membuat kamu menarik diri dari kemungkinan-kemungkinan positif di masa sekarang dan masa depan. Lantas, bagaimana cara membangun rasa percaya diri?

  1. Dimulai dari Sikap Berdiri atau Duduk.

Ada efek positif dari postur berdiri maupun duduk yang kamu lakukan. Jika kamu berdiri dan duduk dengan tegap, secara tidak langsung tubuh mengirimkan sinyal positif ke seluruh sel-sel tubuh.

Postur tubuh mengirimkan pesan ke otak yang benar-benar dapat mengubah perasaan. Jadi, jika kamu ingin merasa lebih kuat, duduklah dengan tegak, tersenyum, atau berdiri dalam “pose kekuatan”, dan pesan itu akan dikirim ke otak.

  1. Mindfulness

terbukti memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik dan psikologis. Kamu dapat melatih perhatian penuh kapan dan di mana saja. kamu dapat mencobanya sekarang dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sadar akan kesadaran diri dengan cara mengamati diri sendiri dan lingkungan.
  • Mulailah dengan sensasi tubuh, rasakan kaki dan kaki, perut dan dada, lengan, leher, serta kepala.
  • Perhatikan napas mengalir masuk dan keluar serta sensasi natural yang kerap tidak kamu sadari.
  1. Olahraga secara Teratur.

Latihan memiliki efek kuat pada kepercayaan diri. Olahraga teratur melepaskan endorfin yang pada gilirannya berinteraksi dengan reseptor opiat di otak, yang menghasilkan keadaan pikiran menyenangkan dan pada akhirnya kamu akan akan melihat diri dalam sudut pandang yang lebih positif. Ketika berolahraga secara teratur, kamu tidak hanya akan menjadi lebih baik secara fisik, tetapi juga akan merasa lebih termotivasi untuk bertindak dengan cara yang membangun kepercayaan diri.

  1. Ikuti proses, Risiko, dan Membuat Kesalahan

Biarkan diri untuk belajar, mengambil risiko, dan membuat kesalahan. Saat keluar dari zona nyaman dan memulai sesuatu yang baru, kamu akan memperluas batasan pada diri sendiri. Ketika kamu berhasil menyelesaikan sesuatu yang berada di luar zona nyaman maka secara tidak langsung kamu telah membangun kepercayaan diri.

  1. Katakan yang Baik pada Diri Sendiri.

Jadilah penyemangat untuk dirimu sendiri. Bicaralah hal-hal yang baik kepada diri karena pada akhirnya kamulah penyemangat terbaik untuk dirimu sendiri. Kemudian hal lain yang perlu dilakukan adalah jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. Begitu juga sebaliknya, bantulah orang lain saat ada yang membutuhkan.

  1. Percaya dengan Diri Sendiri

Mendengarkan masukan dari orang-orang yang ada di sekeliling memang diperlukan. Namun, jangan sampai masukan yang disampaikan membuat keinginan atau tujuan kamu berubah. Jika kamu membutuhkan masukan yang tepat, tidak ada salahnya pastikan kamu menerima saran dari orang yang tepat. Jangan lupa untuk selalu percaya terhadap diri sendiri agar kamu bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Perbanyak Kegiatan yang Menyenangkan

Melakukan hal-hal yang menyenangkan diri sendiri nampaknya sah-sah saja dalam membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini akan membuat kamu melepaskan segala penat, stres, hingga cemas yang dirasakan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan percaya diri melangkah dalam menggapai tujuan yang kamu inginkan.

SUMBER :

1 Like

Kita sebagai manusia kerap kali mengalami perasaan tidak percaya diri, dan hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Mengutip dari alodokter, penyebab munculnya rasa tidak percaya diri sangatlah beragam dan bisa berbeda pada setiap orang. Ada yang tidak percaya diri karena pernah mengalami pengalaman yang buruk, pernah mengalami penindasan yang kemudian berujung pada trauma. Ada pula yang tidak percaya diri karena pengaruh pola asuh semasa kanak-kanak.

Berlarut dalam perasaan tidak percaya diri itu bukanlah solusi yang tepat. Kepercayaan Diri patut kita pupuk sejak dini dengan melakukan langkah-langkah kecil yang sangat ampuh dalam menginkatkan kepercaaan diri menurut versi saya adalah :

  1. Meningkatkan value diri. Meningkatkan value diri sama halnya dengan meningkatkan kualitas diri. Kualitas diri merupakan nilai, karakter, sikap, cara berfikir dan kebiasaan seeorang yang kita miliki. Namun tak hanya itu, meningkatkan kualits diri juga dapat kita lakukan dengan merawat diri sendiri atau self-care.
  2. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita semakin insecure, minder dan hilang percaya diri. Kita terlalu sibuk mencari keunggulan orang lain sehingga kita tidak bisa menemukan keunggulan yang ada dalam diri kita sendiri.
  3. Kenali apa kelebihanmu. Cobalah untuk fokus pada kelebihan yang kita miliki dan kembangkan kemampuan itu. Hal ini dapat membuat kita merasa punya ruang untuk berkembang. Saat berhasil memperoleh sesuatu, hargai dan pujilah diri sendiri atas upaya dan keberhasilan yang telah digapai.
  4. Perhatikan penampilan. Penampilan merupakan faktor penunjang utama dalam membentuk kepercayaan diri seseorang. Manusia adalah makhluk visual, yang dalam pengertiannya manusia akan menilai orang dengan melihat penampilan atau “look” nya terlebih dahulu. Dengan berpenampilan menraik, maka secara langsung kita telah mendapatkan nilai tambah dalam meningkatkan kepercayaan diri kita.

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting bagi perkembangan masa remaja, kepercayaan diri juga berperan untuk memberikan sebuah makna pada proses kehidupan seseorang, selain itu juga merupakan salah satu faktor untuk keberhasilan seseorang dengan penuh optimisme dan rasa kebahagiaan (Leman, 2000; Taylor, 2009).
Kepercayaan diri ini muncul pada remaja tampak pada sikap menerima dirinya sebagaimana yang ada, remaja yang memiliki kepercayaan diri biasanya cenderung memiliki sikap yang positif terhadap penampilannya sendiri dan menimbulkan rasa puas apa yang sudah dilakukannya merasa nyaman, aman, tidak kecewa dan tidak menggantungkan ke orang lain. Disisi lain remaja yang rasa percaya dirinya kurang maka lebih menunjukkan seperti tidak bisa berbuat banyak, ragu dalam menjalani tugas, menarik diri dari lingkungan dan menjadi agresif serta bersikap membalas dendam pada perlakuan yang dianggap tidak adil. Menurut Mastuti dan Aswi (2008) individu yang tidak percaya diri disebabkan karena indicidu tidak mendidik sendiri dan hanya menungga orang untuk melakukkan sesuatu kepada dirinya, semakin kurangnya kepercayaan diri maka sulit untuk memutuskan apa yang harus dilakukkan terbaiknya.
Beberapa hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa kepercayaan diri berada di kategori sedang, artinya perlu adanya usaha untuk meningkatkan kepercayaan diri pada remaja. akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab kurangnya percaya diri. rasa percaya diri ditandai ada kelemahan dalam diri individu serta menghambat dalam mencapai tujuan hidup. menurut Purnawan (2009) penyebab kurangnya percaya diri antaranya pengaruh lingkungan, diremehkan dan dikucilkan oleh teman sejawat, pola asuh, orangtua yang memaharai kesahalan anak atauoun membatasi kegaiatan anak selain itu juga tidak pernah memberi penghargaan ketika anak melakukkan hal yang positif, kurang kasih saying, trauma akan kegagalan, dipermalukan didepan umum, merasa tidak dihargai karena pernah dilecehkan secara seksual, bentuk fisik tidak sempurna dan merasa berpendidikan rendah.

Sumber :
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4 (1), 1-5.