Bagaimana mengubah kebiasaan masyarakat agar tidak terbiasa dengan pangan beras?


bagaimana cara mengubah pola kunsumsi masyarakat agar tidak selalu mengkonsumsi beras?

Pakar Gizi Masyarakat Rifza, SST. M.Biomed Ahli Gizi, menyebutkan diperlukan sosialisasi yang intensif dalam mengubah kebiasaan masyarakat dari mengkonsumsi beras ke pangan alternatif. Kearney (2010) menyebutkan bahwa pada umumnya perubahan pola konsumsi pangan yang terjadi adalah dari pangan pokok ke arah pangan yang lebih terdiversifikasi. Selanjutnya, dikatakan bahwa perubahan konsumsi pangan pada tingkat global dan regional akan membawa konsekuensi pada pertimbangan kesehatan.

Referensi
Kearney, J. 2010. Food Consumption Trends and Drivers. Philosophical Transactions of The
Royal Society. Royal Siciety Publishing.

Permulaan diversifikasi pangan bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Karena dari sinilah kita bisa mengedukasi lingkungan sekitar betapa pentingnya diversifikasi pangan itu.
Memang untuk dapat dilakukan secara massal, perlu adanya penyuluhan lanjutan kepada masyarakat. Karena tentu tak mudah untuk mengubah kebiasaan pangan.
Disini peran pemerintah tiap daerah untuk membuat gerakan modifikasi makanan pokok dengan bahan pangan lokal. Seperti ada 1 contoh dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) daerah Sulawesi Utara dengan yaitu membuat Gerakan Makan Tanpa Nasi (GENTASI).
Program tersebut dapat dijadikan referensi untuk daerah lain pula, supaya kedaulatan pangan kita tetap bertahan.

GENTASI-BKP SULUT

1 Like