Bagaimana mengobati penyakit snott pada ovebird secara alami?

Snot atau biasa disebut Infectious Coryza merupakan penyakit yang sangat sering menyerang unggas, ayam, dan burung kicau, termasuk Lovebird. Penyakit snot adalah gangguan pernapasan yang disebabkan oleh bakteri haemophilus paragallinarum. Bakteri ini mempunyai bentuk batang pendek, tercat polar, non motil, tidak membentuk spora, dan fakultatif anaerob.

  1. Tumbuhan Kitolod
    Kitolod adalah tumbuhan liar yang bisa menyembuhkan gangguan mata pada burung Lovebird, mulai dari katarak, infeksi mata, hingga snot.
    Saat ini sudah banyak beredar di pasaran obat mata pada burung yang merupakan hasil dari penyulingan atau ekstrak tumbuhan kitolod.
    Kitolod yang juga disebut tolod (Sunda), kendali, sangkobak (Jawa) ini adalah tanaman obat yang juga digunakan untuk manusia. Tumbuhan ini mudah dijumpai karena biasanya tumbuh liar di tempat-tempat lembab. Tumbuhan ini bersifat anti-radang namun getahnya sangat berbahaya karena beracun.

  2. Bunga Kitolod
    Dengan kasiat bunga kitolod, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh. Cara pembuatannya, bunga cukup dicuci dan diteteskan langsung pada mata burung Lovebird.
    Efek pemberian bunga kitolod, mata burung akan terasa pedih, mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak. Air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada di dalam mata.
    Jika tidak menemukan daun kitolod di sekitar rumah Anda, sekarang banyak dijual obat kitolod di kios burung. Biasanya obat tersebut berupa obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolod.

  3. Air seni
    Air seni atau urine sudah lama diyakini oleh masyarakat sebagai obat untuk mengatasi gangguan pada mata manusia. Walau terkesan menjijikkan, tapi kasiat air seni untuk penyembuhan mata memang lumayan ampuh.
    Bahkan air seni mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat lainnya.
    Sebenarnya, air seni bukan hanya menjijikkan tapi juga kotor. Hal ini disebabkan karena air seni tersebut merupakan sisa-sisa metabolisme tubuh. Bahkan, air seni banyak mengandung bakteri yang sangat berbahaya pada mata.
    Lovebird Bisa Langsung Jinak, Begini Caranya
    Kendati demikian, bukti empiris telah membukakan mata kita bahwa air seni tidak berbahaya. Bahkan air seni mampu memberikan pertolongan pada setiap orang yang memanfaatkannya sebagai media terapi, termasuk pengobatan snot pada burung kicau.
    Yang terpenting, makanan dan minuman yang kita konsumsi harus sehat, agar air seni yang keluar tidak berbahaya ketika dipakai untuk pengobatan snot pada Lovebird.
    Lalu, bagaimana cara pengobatannya? Saat pagi hari, tepatnya setelah bangun dari tidur, ambil air seni secukupnya dengan menggunakan wadah. Air seni di pagi hari ini, diyakini memiliki kualitas yang paling baik untuk pengobatan.
    Selanjutnya, Anda bisa langsung meneteskannya pada mata burung, setidaknya 2-4 tetes. Setelah itu, diamkan selama sekitar satu menit lalu bilas dengan air bersih.
    Pengobatan snot menggunakan air seni bisa dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore, serta boleh juga dilakukan sampai sembuh.
    Selain dengan cara diteteskan, air seni bisa dikompreskan pada mata burung yang terkena snot. Setelah itu, mata burung bisa dibilas dengan air bersih lalu lepas kembali ke dalam sangkar.

  4. Daun sirih merah
    Daun sirih merah berbeda dengan daun sirih hijau. Ruas pada daun sirih ini berwarna merah dan bila diteteskan pada mata rasanya lebih perih daripada daun sirih hijau.
    Asal Anda tahu, daun sirih merah ini terbukti kasiatnya sebagai bahan antiseptik yang dapat membunuh bakteri kuman penyakit.
    Untuk pengobatan mata snot, ambil 7 lembar daun sirih, lalu diremas-remas dan dicampur dengan 1 liter air. Kemudian air ini digunakan untuk memandikan burung agar bakteri yang menempel pada burung cepat mati.
    Anda juga bisa membuat tetes mata burung dari daun sirih merah, caranya siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih, kemudian diremas sampai halus.
    Remasan halus ini jika dipencet akan keluar air yang licin. Nah, air itulah yang digunakan untuk obat tetes mata. Agar Lovebird cepat sembuh dari snot, maka teteskan 3 kali sehari.