Bagaimana mengobati penyakit dactylogyrus pada ikan?

Dactylogyrus merupakan cacing pipih (fluke) yang termasuk dalam parasit kelas trematoda monogenea. Cacing ini banyak menginfeksi ikan. Pada ikan air tawar, monogenea mampu membuat insang menjadi pucat dan swollen, membuat respirasi meningkat, dan ikan menjadi rendah toleran terhadap oksigen. Sebagian besar monogenea baik yang menyerang kulit maupun insang mampu membuat perubahan yang berarti pada tingkat kerusakan dan mortalitas.
dactylogyrus-in-fish

Jika ikan sudah terlanjur terkena penyakit Dactylogyrus maka masih dapat diobati yaitu
dengan cara-cara berikut ini:

  1. Menggunakan Methylene Blue yaitu dengan melakukan perendaman Metylene Blue dengan dosis 3 ppm dalam waktu 24 jam atau lebih. Jangan lupa untuk mengganti rendaman Metylene Blue dalam kolam ikan jika sudah berubah menjadi biru terang.
  2. Menggunakan Larutan Ammonium yaitu dengan melakukan perendaman larutan ammonium sebanyak 1:2000 dalam waktu 5-15 menit. Untuk bisa menghasilkan larutan ammonium sebanyak 1:2000 maka dapat dilakukan dengan cara membuatan perbandingan larutan ammonium dengan air sebanyak 1:9 lalu campurkan larutan tersebut diambil hanya 5% nya saja dan campurkan dengan air sebanyak 1 liter. Dengan campuran seperti yang telah disebutkan barusan, maka barulah didapatkan
    larutan Ammonium sebanyak 1:2000.
  3. Menggunakan Formalin atau MGO yaitu dengan melaukan perendaman Formalin dengan dosis sebanyak 15-50 ppm selama 24 jam dan dapat dilakukan seminggu 3 kali agar ikan terbebas dari parasit.
  4. Menggunakan Garam Dapur yaitu merendamkan garam dapur dengan dosis 100 - 500 ppm dan bisa dilakukan dalam jangka waktu yang panjang atau bisa juga dalam jangka waktu 30 menit. Cara merendamnya pun harus dilakukan perendaman pada tempat yang terpisah dahulu dengan air baru di siram ke dalam kolam ikan.