Bagaimana mengobati Batu kandung kemih ?

Batu kandung kemih atau bladder calculi adalah batu yang terbentuk dari endapan mineral yang ada di dalam kandung kemih. Bagaimana obatnya ?

image

Batu kandung kemih adalah segumpal mineral keras pada kandung kemih Anda. Batu kandung kemih terjadi apabila Anda tidak mengosongkan kandung kemih (buang air kecil) secara tuntas, sehingga urin menggumpal dan membentuk kristal mineral.

Kondisi ini dapat terjadi pada orang yang tidak rutin buang air kecil atau tidak tuntas buang air kecil. Batu kandung kemih paling umum ditemui pada pria di atas 50 tahun, dan lebih sedikit ditemui pada wanita.

Batu kandung kemih mungkin tidak menyebabkan gejala apabila ukurannya cukup kecil sehingga dapat dikeluarkan saat buang air kecil. Tanda-tanda dan gejala umum dari batu kandung kemih adalah:

  • Nyeri pada perut bawah, kadang rasa sakit sangat intens. Pria juga dapat merasakan sakit pada penis.
  • Kesulitan atau merasa sakit saat buang air kecil.
  • Lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  • Urin berwarna gelap.
  • Terdapat darah pada urin.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Apabila batu pada kandung kemih masih berukuran kecil, Anda hanya perlu minum banyak air untuk mengeluarkan batu secara alami.

Jika ukuran batu terlalu besar dan menyangkut pada kandung kemih Anda, operasi mungkin perlu dilakukan untuk memecahkan dan mengangkatnya.

Menghancurkan batu kandung kemih

Dengan perawatan cystolitholapaxy, dokter akan memasukkan selang tipis dengan kamera pada uretra (lubang pada ujung penis, atau di atas vagina). Dokter dapat melihat batu melalui kamera dan menghancurkannya dengan laser, ultrasound, atau alat berukuran kecil lainnya sebelum mengeluarkannya. Prosedur ini memerlukan anestesi.

Komplikasi dari prosedur ini jarang terjadi, namun dapat menyebabkan robek pada dinding kandung kemih dan infeksi. Anda mungkin akan diharuskan untuk menggunakan antibiotik sebelum prosedur untuk mencegah risiko infeksi.

Mengangkat batu kandung kemih dengan operasi

Apabila batu terlalu besar untuk dipecahkan, Anda dapat melakukan operasi pengangkatan. Ahli bedah akan melakukan sayatan pada perut dan mengeluarkan batu kandung kemih.

Sumber : hellosehat.com