Bagaimana Menggunakan Vasopressin dengan Benar?

Pada penderita diabetes insipidus, vasopressin digunakan untuk mengendalikan frekuensi buang air kecil, rasa haus, dan kehilangan cairan. Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah atau otot di balik kulit. Bagaimana Menggunakan Vasopressin dengan Benar?

image

Vasopressin disuntikkan ke otot atau di bawah kulit. Petugas layanan kesehatan akan menyuntikkannya pada Anda.

Vasopressin biasanya diberikan sesuai kebutuhan setiap 3-4 jam. Interval waktu antar dosis tergantung respon tubuh Anda terhadap obat.

Untuk mengobati diabetes insipidus, vasopressin terkadang diberikan ke hidung menggunakan semprot hidung atau penetes obat, atau dengan memasukkan kapas yang telah dibasahi dengan vasopressin.

Saat digunakan untuk x-ray perut, injeksi vasopressin biasanya diberikan 2 jam sebelum dan 30 menit sebelum x-ray. Dokter juga menganjurkan Anda menerima enema sebelum Anda menerima dosis pertama vasopressin.

Vasopressin dapat menyebabkan efek samping sementara seperti mual, nyeri perut, atau kulit “memucat” (seperti bintik pucat saat Anda menekan kulit).

Minum 1 atau 2 gelas air setiap Anda menerima suntikan dapat membantu meringankan efek samping ini.

Saat menggunakan vasopressin, Anda mungkin sering membutuhkan tes darah. Fungsi jantung dapat juga diperiksa menggunakan elektrokardiografi atau EKG.

Ikuti instruksi dokter mengenai jumlah cairan yang harus Anda minum selama terapi dengan vasopressin. Pada beberapa kasus, minum terlalu banyak dapat tidak lebih aman dibandingkan tidak cukup minum.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Sumber : hellosehat.com

https://hellosehat.com/obat/vasopressin/