Suasana di tempat kerja sangat berperan penting dalam menentukan produktifitas suatu perusahaan. Semakin rapi dan nyaman tempat area kerja yang di ciptakan maka akan semakin baik pula produktifitas yang akan di hasilkan oleh suatu perusahaan. Berikut ada beberapa tips untuk menciptakan area kerja yang baik dan nyaman yang dikutip dari cio.com diantaranya adalah :
1. Purge Your Workspace
Salah satu hal yang harus di perhatikan dalam menciptakan area kerja yang rapi dan nyaman adalah selalu membersihkan area tempat bekerja anda. Salah satu langkah mudah nya yaitu membuang hal hal yang anda rasa tidak perlu yang ada di meja atau laci anda. Dengan begitu tataan dokumen dokumen yang anda perlukan akan dengan mudah di temukan. Selain itu selalu periksa setiap detail ruangan anda untuk selalu tetap bersih.
2. Rearrange Your Office
Langkah selanjut nya yang harus anda lakukan adalah menata setiap perlengkapan yang ada di dalam ruangan anda. Bersih saja tidak cukup untuk menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman, akan tetapi yang harus dilakukan juga adalah menata seluruh perlengkapan yang ada. Dengan tatanan yang rapi akan membantu anda untuk dapat mengakses keperluan anda dengan cepat dan juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dalam ruangan anda
3. Organize Your Desktop
Usaakan agar anda hanya menyimpan hal hal yang anda perlukan saja di kegiatan sehari hari di desktop anda. Menurut NAPO, komputer, telepon, pena, dan buku catatan haruslah di letakkan di tempat yang mudah di jangkau dari anda. Hal hal yang anda rasa sangat di butuhkan juga disarankan untuk diletakkan di tempat yang anda rasa mudah untuk di jangkau
4. Develop A Filling System
Sangat disarankan juga bagi anda untuk mengembangkan sistem dalam pengarsipan, dengan syarat sesuai dengan gaya anda bekerja dan mudah untuk di rawat. Dengan mengembangkan sistem seperti pengarsipan tentu anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti menghindari dokumen dokumen yang menumpuk di atas meja kerja anda, menjaga file agar tetap aman, dan dokumen dokumen projek tidak akan kacau.
5. Time Management
Manajemen waktu anda juga sangat diperlukan dalam menciptakan suasana yang nyaman. Salah satu manfaat nya adalah anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan dan projek projek anda sesuai dengan target yang telah anda tetapkan. Semakin banyak projek yang telah anda selesaikan maka akan semakin mengurangi beban pikiran anda selama bekerja, dan hal ini juga bisa mengurangi penumpukan berkas berkas laporan yang ada di atas meja anda
6. Communicate On A Schedule
Selalu menulis agenda untuk setiap kegiatan yang anda lakukan, hal ini akan membuat anda tidak melupakan poin poin penting dalam menyelesaikan projek anda. Waktu yang efektif juga untuk anda untuk menyelesaikan sesuatu adalah dalam waktu 10-15 menit per hari.
7.Organize Digitally
Teratur secara elektronik sama penting nya dengan teratur secara fisik. Buat Email dan folder yang berbeda untuk setiap klien yang anda hadapi dalam suatu pekerjaan. Penyimpanan dokumen digital harus dibentuk dengan cermin sistem pengarsipan fisik anda. Buatlah sub sub folder untuk memudah kan anda dalam bekerja
8. Ritualize Your Work Day
Pengaturan bukan satu satu nya tujuan yang akan anda lakukan. Yang harus anda lakukan adalah selalu menjaga file file dan dokumen anda ketika anda telah selesai bekerja dalam sehari. Setelah bekerja dalam satu hari luangkan waktu anda 15 menit untuk membuat list list yang akan anda kerjakan di masa yang akan datang. Membiasakan hal hal seperti ini akan sangat membantu dan membuat proses item anda secara tepat, menjaga agar tetap bersih dan rapi ketika anda kembali beraktifitas di keesokan harinya