Bagaimana Mencukur Bulu Ketiak yang Baik dan Benar?

mencukur ketiak

Kalau nggak sempat waxing, kamu pasti sering mencukur bulu ketiak. Tetapi sudahkah kamu mencukurnya dengan benar?

1. Saat Mandi atau Setelah Mandi

Mencukur dengan keadaan kulit kering merupakan kesalahan besar. Kulit dengan keadaan kering lebih rentan terluka, di saat Anda mencukur. Sebaiknya mencukur setelah mandi atau saat sedang mandi. Kulit yang lembap akan membantu Anda lebih mudah mencukur.

2. Luangkan Waktu

Kerap kali Anda terburu-buru mencukur bulu ketiak saat Anda ingin bepergian. Walaupun mencukur tidak membutuhkan waktu yang lama, tetapi mencukur bukan berarti harus dilakukan dengan sembarangan. Mencukur dengan terburu-buru akan membuat kulit semakin kasar, dan terluka. Tak hanya itu saja, bulu ketiak pun jadi tidak tercukur dengan rata. Setidaknya luangkan waktu 30 menit untuk memberikan perawatan lebih saat ingin mencukur.

3. Pisau Cukur yang Tepat

Menggunakan pisau cukur yang salah akan semakin meningkatkan risiko kulit ketiak menjadi luka. Sering kali para wanita sembarang memilih pisau cukur dan menggunakan yang paling murah. Gunakanlah pisau cukur yang memiliki strip, yang bertujuan untuk menjaga kulit agar tidak terluka.

4. Arah Mencukur

Coba perhatikan arah saat mencukur, apakah sudah benar? Sebaiknya Anda mengetahui arah tumbuh rambut, dengan begitu lebih memudahkan Anda saat proses mencukur. Biasakan untuk mencukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua bulu tercukur dengan bersih.

5. Cukur Perlahan

Biasakan untuk mencukur dengan perlahan dan teliti. Jangan mencukur dengan sekali gerakan yang langsung menyentuh satu area luas. Pastikan mencukur dengan goresan pendek dan ulangi kembali.

6. Tarik Kulit Ketiak Anda

Mencukur bulu ketiak di depan cermin tampaknya tidak akan membantu membersihkan semua bulu ketiak. Tidak ada salahnya tarik sedikit kulit ketiak Anda untuk membantu membersihkan secara maksimal.

Sumber

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3065103/6-tips-mencukur-bulu-ketiak-dengan-benar

Ada beberapa tips yang mungkin bisa diperhatikan sebelum mencukur bulu ketiak.
Tips Mencukur Ketiak:

  • Cukur bulu ketiak ketika kondisi kulit sedang lembap, yaitu setelah mandi. Kulit yang lembap akan membuatmu lebih mudah mencukur bulu.
  • Gunakan pisau cukur yang memiliki strip yang lebih aman dan berisiko lebih kecil menimbulkan luka.
  • Bersihkan alat cukur secara rutin dan jangan biarkan alat cukur dalam keadaan basah.
  • Cara mencukur bulu ketiak yang benar adalah cukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan.
  • Menarik kulit ketiak juga dapat memudahkanmu mencukur bulu-bulu ketiak.

Sumber: