Bagaimana Mencegah Anjing Yang Gemar Mengejar Mobil?


Kita tahu kalau anjing itu adalah hewan yang aktif. Kalau tidak kita ajak berolahraga ia akan mencari kegiatan alternatif lain untuk mengisi waktunya. Kadang kegiatan ini bisa melibatkan dirinya mengejar mobil atau kendaraan lainnya dan ini sangat berbahaya. Anjing kesayangan kita bisa terluka dan kalau kita sedang mengajaknya berjalan, kita juga terancam bahaya. Terus bagaimana cara kita mencegah kegiatan berbahaya ini dan bagaimana cara menyembuhkannya?

Pencegahan

Cara untuk mencegah kebiasaan ini adalah menarik perhatian anjing dari keinginannya. Sebelum itu siapkan dulu beberapa treat atau mainan kesukaannya. Ketika anjing kamu melihat kendaraan saat kamu ajak jalan-jalan, panggilah namanya. Kalau dia merespon dan mengarah padamu berikan treat. Kalau tidak ayunkan treat atau mainan di depannya untuk menarik perhatiannya lalu berikan treat atau mainannya.

Ulang terus kegiatan ini hingga kebiasaanya ketika melihat kendaraan bukanlah mengejar melainkan mengarah padamu meminta treat atau mengantisipasi mainan kesukaannya.

Kalau di dalam rumah?

Memang anjing tidak bisa mengejar kalau sedang di belakang pagar tetapi terkadang keinginan itu tak tertahankan. Karena terlalu bersemangat mereka bisa saja berlari menabrak pagar atau bahkan mencoba melompatinya. Kebiasaan ini nantinya juga bisa berpengaruh ketika ia melihat ada orang melewati pagar rumah.

Tapi kalau dia tidak bisa keluar dari rumah dan tidak ada minat mengejar hal lain selain mobil, kegiatan ini bisa mengisi waktu anjing kamu kalau dia sedang bosan. Kalau kamu merasa dia membahayakan dirinya hentikan segera dengan langsung membawanya masuk ke rumah. Saat yang tepat adalah ketika ia melihat mobil langsung perlu kita bawa masuk.

Jika semisalnya kita masih ingin meninggalkannya di luar maka kita perlu menyediakan beragam kegiatan agar ia tidak bosan dan tidak ada minat untuk mengejar.

Bagaimana kalau sudah mengejar?

Ada beberapa solusi untuk mengurangi kebiasaan ini. Kalau berada di halaman rumah usahakan pagar rumah cukup tinggi agar tidak bisa dilompati atau pasang pagar dimana anjing kamu tidak bisa melihat mobil lewat.

Jika kita mengajak anjing berjalan tanpa tali, usahakan kamu mengajak jalan bukan di daerah yang banyak dilewati mobil.

Ajarkan juga agar anjing kamu langsung datang kepadamu saat dipanggil. Disarankan untuk dilatih di daerah yang tidak banyak mobil. Kalau kalian sudah percaya mereka akan datang kepada kalian barulah dicoba di daerah lain yang dilewati mobil.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah agar anjing kamu mengira mengejar mobil akan mendapatkan hukuman. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan dengan Trainer dan akan dilakukan tidak hanya sekali dua kali. Karena terkadang meski sudah diberikan hukuman, keinginan anjing untuk mengejar masih akan ada. Trainer tersebut nantinya akan melihat apakah prosedur itu cocok apa tidak.