Bagaimana mempersiapkan diri menghadapi ujian ?

mempersiapkan diri menghadapi ujian

Beberapa minggu lagi saya akan menghadapi ujian. Apa yang harus saya persiapkan agar hasil ujian saya nenjadi maksimal. Ini adalah ujian penentu masa depan saya nantinya.

Ujian bisa tampak menakutkan bagi sebagian orang, tapi jika kamu menggunakan strategi yang cerdas untuk mempersiapkannya, kamu akan lebih mudah untuk menghadapinya. Untuk menghadapi ujian lakukan persiapan dengan melihat materi apakah yang perlu dipelajari dan kira-kira akan diujikan. Dan yang lebih penting lagi lakukan relaksasi dan jaga kesehatan sebelum mengikuti ujian.

1. Tentukan media belajar

  • Ikutilah kursus
    Kursus sering kali dapat membatu untuk menambah pengetahuan dan menerangkan kembali materi apa yang tidak kamu pahami. Walaupun terkadang untuk mengikuti kursus terdapat beberapa halangan seperti biaya dan jarak dengan rumah, tetapi hal itu sebanding dengan hasil yang bisa kamu dapatkan.

  • Ikuti simulasi ujian secara online
    Ada banyak sekali situs online yang menyediakan simulasi-simulasi ujian. Baik yang berbayar maupun yang gratis sekalipun. Simulasi ini berguna agar kamu tahu seperti apa ujian sebenarnya nanti. Hal ini juga bisa sebagai tolak ukur sejauh mana persiapanmu.

  • Gunakanlah buku penunjang
    Buku penunjang akan membantu kamu untuk belajar secara mandiri. Hal ini dipilih bagi yang tidak mau menggunakan cara-cara sebelumnya. Buku tidak harus beli, tetapi kamu juga bisa meminjamnya di perpustakaan.

2. Jagalah kesehatan dan lawan stress

  • Istirahat yang cukup sebelum ujian.
    Pastikan kamu tidur sekitar delapan jam penuh sebelum memulai ujian. Tidur yang nyenyak dan teratur dapat membantu kamu terhindar dari stres.

  • Rencanakan waktu tidurmu
    Kamu bisa membuat jadwal kapan kamu perlu tidur dan kapan kamu harus bangun. Ini digunakan agar waktu tidurmu menjadi lebih teratur.

  • Berilah asupan gizi yang cukup bagi otak
    Asupa gizi sangat dibutuhkan bagi tubuh, terutama otak. Otak yang digunakan secara terus menerus juga harus mendapatkan asupan yang cukup. Makanlah makanan yang banyak mengandung protein dan beberapa vitamin. Contohnya telur, ikan, sayur, dan lain-lain.

  • Lakukan olahraga secara teratur
    Olahraga yang teratur dapat membut tubuh kita bugar. Saat tubuh sudah terasa bugar ini akan berpengaruh terhadap bagaimana kita menhadapi ujian nantinya. Olahraga tidak harus yang berat, tetapi juga bisa yang ringan seperti jogging dan bersepeda.
    Jika kamu merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, cobalah berjalan mengelilingi kampus untuk menyegarkan otakmu.

3. Belajar untuk mempersiapkan ujianmu

  • Cobalah tes diaknostik
    Tes ujian kompetitif biasanya terdiri dari beberapa bagian. Seperti matematika, verbal dan esai. Untuk mencapai target yang telah ditentukan, kamu harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Latihan ini dapat membantu kamu untuk memilih bagian mana yang lebih kamu fokuskan.

  • Latihan untuk soal berjenis esai
    Jika dalam tes yang akan kamu hadapi terdapat soal yang berjenis esai, cobalah belatih untuk menulis dengan perencanaan waktu yang sesuai. Caranya adalah dengan memikirkan terlebih dahulu apakah garis besar dari jawabanmu.

  • Buat garis besar rencana belajar
    Kamu perlu membuat rencana belajar secara garis besar yang sesuai dengan ujian yang akan kamu hadapi. Buatlah daftar apa saja yang perlu kamu pelajari dan bagaimana prioritasnya.

  • Rencanakan waktu belajar
    Buatlah perencanaan waktu yang akan kamu gunakan untuk balajar. Jadilah konsisten dalam membuat jadwal. Untuk mengefektifitaskan waktu, buatlah daftar prioritas yang akan kamu pelajari. Misalnya dimulai dari materi yang banyak dan belum terlalu kamu pahami.

  • Gunakan aplikasi pengingat jadwal
    Aplikasi pengingat semacam Google Calender sangat membantu kamu dalam membuat jadwal. Hal ini sangat berguna untuk mendisiplinkan dirimu untuk mengikuti jadwal yang telah kamu buat sebelumnya. Buatlah perubahan jadwal untuk mengatasi jika suatu saat ada kegiatan lain yang menyita waktu belajarmu.

  • Luangkan waktu
    Untuk mempersiapkan ujuan secara maksimal, kamu butuh untuk meluangkan waktu tersendiri yang akan kamu gunakan untuk belajar. Jelaskan kepada teman-teman dan keluargamu bahwa kamu perlu waktu untuk fokus sementara sebelum ujian. Mereka akan mengerti itu.

  • Lihatlah kemajuan yang kamu dapatkan dengan tes latihan
    Gunakan di sela-sela belajar untuk melakukan tes mandiri dengan rentang waktu yang dibutuhkan. Lakukan latihan dan lihat kembali pertanyaan atau masalah apa yang masih tidak bisa kamu atasi. Jangan lupa untuk melihat pola soal yang sering kali muncul dalam tes tersebut.

  • Berdoa dan minta restu
    Setelah semuanya kamu lakukan saatnya berserah diri kepada Allah dengan berdoa. Berdoalah agar diberikan ingatan yang kuat, konsentrasi, kesehatan. Jangan lupa juga untuk meninta doa dan restu dari orangtua.

Sumber: WikiHow

dalam dunia pendidikan pasti ada yang namanya ujian. ujian adalah tolak ukur seberapa paham kita tentang ilmu yang telah kita pelajari. karena menjadi tolak ukur banyak siswa bahkan mahasiswa yang pintar dalam kelas mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. penyebab utama dari permasalahhan mereka adalah belum siap melaksanakan ujian.

Mempersiapakan diri dari awal
kesalahan yang paling umum terjadi pada pelajar adalah mereka selalu mempersiapkan diri mengikuti ujian beberapa hari sebelum ujian dilaksanakan. hal ini menyebabkan mereka harus mengejar materi dari awal namun karena terbatasnya waktu sehingg mereka memaksakan diri agar bisa memahami materi dari awal hingga akhir dengan waktu yang singkat. ketika mereka menghadapi sebuah permasalahan mereka tertekan dan tidak tahu harus bagaiamana bahkan ada yang melakukan kecurangan karena belum siap menghadapi ujian. sebaiknya mempersiapkan diri untuk ujian dilakukan sejak memuali sebuah pelajaran. setelah kita melakukannya ketika menghadapi ujian kita tidak perlu bekerja keras untuk memahami materi yang telah kita pelajari sebelum ujian.

  • kita mencatat semua materi, kita berdiskusi dengan teman, review materi dan hasil diskusi setiap akan mempelajari materi yang baru.

  • Mencatat semua informasi yang diterima dan memberi keterangan beberapa informasi yang dirasa sukar untuk difahami.

  • Membuat daftar materi yang perlu dipelajari lagi.

Belajar
belajar merupakan suatu kewajiban bagi seorang mahasiswa. sebuah riset mengatakan bahwa ingatan kita akan lebih kuat ketika kita menulis informasi yang kita terima kemudian kita melihat dan membaca informasi tersebut kemudian mendengarkan informasi kemudian kita mengatakan dan melakukan tentang apa yang telah kita ketahui. review materi juga perlu dilakukan agar ingatan kita lebih kuat dan kita juga bisa mencari beberapa informasi atau materi yang kita rasa sulit dipahami untuk didiskusikan dengan teman atau dengan dosen. Merangkum semua catatan yang telah kita buat. Kita juga bisa membuat daftar materi yang perlu dipelajari lagi agar kita benar-benar faham akan materi tersebut.

mengatur waktu
Waktu adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Kita harus pandai mengelola waktu kita agar dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. Sebelum ujian kita harus menentukan target belajar kita. semua target harus dapat kita selesaikan sesuai dengan rencana kita agar kita tidak tertekan karena belum menguasai bebrapa materi.

ketika ujian

  • Menulis ulang semua kata kunci materi yang pernah dipelajari sebelum mengerjakan ujian
  • Seleksi tingkat kerumitan soal
  • Tentukan waktu untuk mengerjakan masing-masing soal
  • Memaca soal dengan benar
  • Mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu
  • Jangan panik

Menjaga kesehatan
Kesehatan adalah sebuah aset yang berharga. Selama kita belajar usahakan kita juga menjaga kesehatan juga agar selama belajar kita dapat lebih fokus dalam menyerap informasi. Ketika akan mengikuti ujian adalah waktu yang paling krusial bagi seorang mahasiswa karena terkadang mereka hanya memikirkan ujiannya tanpa memperhatikan kesehatannya.

  • Makan secara teratur dan gizi yang cukup
  • Olah raga
  • Istirahat yang cukup

Berdoa
Berdoa adalah salah satu cara agar kita dapat lebih tenang dan menjadi lebih percaya diri. Selama kita belajar hendaknya kita selalu berdoa agar kita bisa menyerap informasi atau ilmu dengan mudah dan ilmu yang telah kita terima dapat kita manfaatkan di kemudian hari dan semoga ketika ujian kita dapat mengerjakan dengan benar dan mendaatkan nilai yang memuaskan.

Sumber :
University Of Newastle Upon Tyne. 2004. Study Skills Giude.
http://www.base-edu.in/how-to-prepare-for-competitive-exams/

Pada dasrnya pelaksanaan ujian hanyalah alat untuk menunjukan seberapa jauh materi yang telah ia kuasai kepada guru mereka. Kebanyakan orang merasa takut jika akan menghadapi sebuah ujian, sebenarnya ketakutan mereka muncul Karena mereka tidak mempersiapkan drii mereka dengan matang sebelum menghadapi ujian.

Semua itu dapat teratasi jika kita mengetahui mempersiapkan diri dengan baiik sebelum ujian berlangsung. Belajar saja belum tentu dapat membuat kita dapat mengerjakan ujian dengan baik. Tetapi jika mempunyai sebuah strategi yang baik dan matang tentunya seorang siswa pasti mengerjakan ujian dengan hasil yang memuaskan. Untuk belajar dengan keras akan kurnag rasanya jika kita tidak belajar dengan cerdas. Berikut persiapan-persiapan yang seharusnya dilakukan ketika menghadapi sebuah ujian.

1. Mereview Materi

Faktor penting dalam mepersiapkan materi ujian dengan mereview materi yang telah dipelajari. Mereview materi dapat membuka kembali ingatan serta membuat rencana tentang apa yang akan dipelajari saat melaksanakan ujian. Mereview materi bukan berarti membaca kembali seluruh materi yang telah kita terima, kamu hanya perlu untuk memfokuskan energi dan waktumu kepada materi yang menarik dan penting saja. Setelah itu mencatat hal – hal yang telah dibaca saat merview dapat lebih meningkatkan pemahaman terhadap materi tersebut.

2. Belajar dengan tepat

Cara belajar yang tepat sangat berpengaruh dalam kesiapan kita untuk menghadapi sebuah ujian, banyak orang berpikiran bahwa belajar hanyalah membaca buku saja.Perlu diketahui untuk dapat bisa bersaing pada sebuah ujian kita harus menggunakan cara belajar yang efektif dan efisien sesuai dengan style diri kita masing-masing.Berlatih mengerjakan soal-soal serta membuat otak kita agar mudah mengingat apa yang telah kita pelajari menggunakan kata-kata kita sendiri akan mempermudah kita dalam mempelajari materi tersebut.

3. Saat Ujian Berlangsung

Pada saat ujian sedang berlangsung usahakan tubuh kita sedang dalam keadaan fit, artinya kita juga harus memikirkan kondisi tubuh kita sendiri saat sedang mempersiapkan materi untuk ujian.Tidur yang cukup dan makan yang teratur mungkin akan membuat tubuh menjadi prima dan materi yang telah kita pelajari akan dapat kita terima sepenuhnya.

  • Ketika hendak memulai ujian usahakan kita makan terlebih dahulu sehingga dapat meningkatkan fokus pada ujian dan tidak akan merasa lapar saat ujian berlangsung karena itu akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal.

  • Sebelum memulai mengerjakan soal, bacalah petunjuk,batas waktu pengerjaan dan tata tertib dalam mengerjakan soal tersebut.

  • Kerjakanlah soal dari yang termudah terlebih dahulu, karena jika langsung mengerjakan soal yang sulit pastinya akan membuang waktu, dan usahakan jangan terpaku pada satu nomer saja.

  • Saat mengerjakan ujian dan kamu merasa blank terhadap soal tersebut lakukanlah beberapa langkah ini dibawah ini:

    • Fokuslah terhadap soal tersebut dan bacalah ulang dan bunyikan dengan pelan soal tersebut beberapa kali sampai benar benar mengerti maksud soal tersebut.

    • Menulis itu gratis (tulis apapun apa yang ada di pikiran anda jangan biarkan pikiran anda kosong)

    • Pindah ke soal yang lainya yang anda merasa bisa untuk mengerjakanya.

    • Bicaralah pada diri anda sendiri dan yakinlah sambil mengucapkan dalam hati “Saya sudah mengerjakan sebisa saya dan saya sudah melakukan terbaik dari yang saya bisa,Saya mungkin tidak bisa menjawab pertanyaan,tetapi saya bisa menjawab pertanyaan yang lainya”.

  • Setelah semua soal berhasil dijawab dan masih tersisa waktu gunakanlah waktu tersebut untuk meneliti ulang pekerjaanmu.

Sumber :