Bagaimana mempercepat mutasi pada ikan louhan ?

Bagaimana tips dan triks untuk bisa mempercepat mutasi pada ikan louhan ?

Tips Mempercepat Mutasi Ikan Louhan

Ada beberapa tips untuk membantu proses mutasi agar mutasi berjalan dengan baik, berdasarkan pengalaman pribadi dan mengutip beberapa pakar perlouhanan.

1. PH - sebagian menyarankan untuk menaikkan PH. Tapi sebagian lagi menyarankan untuk menurunkan ph dengan sedikit Ketapang kering. Monggo dicoba mana yang cocok.

2. Saat mutasi air jangan diganti, tapi kualitas air juga harus tetap dijaga. Dengan sering mengganti kapas filter dan mineral khusus untuk menjaga kualitas air.

3. Gunakan pakan alami dan hindari pakan dengan kandungan caropil dan spirulina saat mutasi berlangsung. Berdasar pengalaman pribadi pemberian sprulina akan membuat warna hitam yang sudah bersih akan kembali muncul bercak hitam pada ikan jadi pekat dan memperlambat proses mutasi. Tetapi di sisi lain pemberian sprulina akan membuat mutiara ikan calon GB menjadi semakin baik . Silahkan bereksperimen mana yang lebih cocok untuk ikan. Penulis sendiri tetap memberikan pakan dengan sprulina walaupun dengan risiko mutasi akan menjadi lebih lambat

4. Jangan pindahkan ikan ke tempat lain atau membuat ikan kaget dengan perubahan drastis pada akuarium.

5. Kurangi pemakaian lampu

6. Air yang hangat 28-30 derajat celcius juga patut dicoba. Dari pengalaman pribadi, ikan yang sedang mutasi saat dinaikkan suhu proses mutasinya tiba-tiba berjalan dengan lebih cepat. Tapi harus diingat dengan menaikkan suhu, oksigen semakin tipis, sehingga apabila ikan kelihatan mulai mangap2 ke atas perlu diberi aerasi atau tambahan suplai oksigen

7. Sabar
Kalau masih belum berhasil ada beberapa kemungkinan. Bisa dari gen indukan yang kurang ataupun anda belum beruntung.