Bagaimana memilih Lens Hood berdasarkan bahannya?

Umumnya, terdapat tiga bahan lens hood yang dijual di pasaran di antaranya jenis plastik, karet (silikon), atau logam. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis bahan tersebut.

Bahan plastik: Ringan dan mudah ditemukan

Bahan plastik: Ringan dan mudah ditemukan

Lens hood berbahan plastik adalah yang paling populer dan mudah ditemukan. Saat Anda membeli kamera dan lensa baru, Anda biasanya akan mendapatkan lens hood plastik. Lens hood jenis ini memiliki bahan yang cukup ringan, namun mudah rusak jika terbentur atau tergores benda keras.

Bahan karet/silikon: Lentur dan tahan bentur

Bahan karet/silikon: Lentur dan tahan bentur

Lens hood berbahan karet lunak dapat menyerap benturan. Beberapa dari mereka adalah lens hood berbahan silikon, bukan karet, tetapi memiliki kinerja yang hampir sama. Salah satu fitur utama yaitu bahan yang lembut sehingga dapat dilipat terbalik atau melekat pada lensa. Lens hood jenis ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin mengambil gambar dengan lebih efisien karena tidak perlu melepasnya setiap kali tidak digunakan. Anda hanya perlu melipatnya seperti apa adanya.

Bahan logam: Berdaya tahan kuat dan menawarkan proteksi terbaik

Bahan logam: Berdaya tahan kuat dan menawarkan proteksi terbaik

Lens hood berbahan logam memiliki kekuatan dan mempercantik tampilan. Bahkan dengan desain yang sama, lens hood ini memberi kesan yang tajam dibandingkan dengan lens hood berbahan plastik dan karet. Dapat dikatakan bahwa lens hood jenis ini dapat meningkatkan “peringkat” dari kamera yang digunakan. Lens hood jenis ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin membawa kamera dalam kondisi baik.

Referensi

https://my-best.id/90910