Bagaimana memilih bahan sarung yang baik?

image

Bagaimana cara memilih bahan sarung yang baik agar sesuai dan nyaman saat digunakan? Karena terkeadang sarung ada juga yang tidak nyaman saat digunakan.

1 Like

Memilih sarung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Untuk mendapatkan kualitas yang baik maka perlu dicoba tips dalam memilih sarung dibawah ini:

  1. Bahannya
    Ketika memilih sarung, coba usap kainnya. Bahan kain sarung yang baik adalah kain yang tidak rigid dan tidak melendung seperti spandex. Biasanya, kain sarung yang baik menggunakan jenis bahan Doby Premium Jeli atau Bahan Sutra Sintetis. Saat ini yang sedang menjadi tren adalah sarung dari bahan sutra karena halus.

  2. Sisi jahitan
    Kain sarung yang baik biasanya tidak memiliki sambungan pada jahitannya (sambungan yang dimaksud merupakan sambungan kain karena terlalu pendek). Ini dikarenakan kain sarung yang baik adalah kain sarung yang sudah diperhitungkan ukurannya.

  3. Kerapatan benang kunci ketahanan sarung
    Yang perlu diperhatikan dari sisi teknis sebuah kain sarung adalah kerapatan benangnya. Biasanya pembeli tidak dibekali dengan pengetahuan memilih kain sarung ini lebih fokus pada corak, warna, dan harga. Penting untuk melihat kerapatan benang pada sarung ini untuk memastikan bahwa kain sarung tersebut telah dijahit kuat dan tahan sobekan.

Untuk mengetahui kerapatan benang, coba berikan sedikit cahaya lampu di area jahitan benang untuk melihatnya secara lebih jelas.

  1. Pemilihan corak
    Dalam memilih kain sarung, penting bagi Anda untuk menentukan corak sarung yang paling netral untuk dibawa ke berbagai kebutuhan acara. Biasanya sarung yang cukup netral untuk dibawa ke berbagai keperluan ini memiliki corak yang sedikit atau jarang sedangkan untuk penggunaan sehari-hari biasanya menggunakan sarung dengan corak yang ramai atau penuh.

Sumber:

Menurut saya jenis bahan sarung yang saya suka adalah jenis kain yang lembut dan longgar. Dalam hal ini sarung tersebut memiliki bahan yang berasal dari kain yang dibuat dengan alat tradisional dimana hasil produksi sarung tersebut akan lebih maksimal dibandingkan dengan mesin karena disini digunakan tangan-tangan manusia dalam menciptakan sarung yang terbaik. Salah satu jenis sarung yang saya sukai adalah jenis sarung dari samarinda.

Sumber :
https://undas.co/2015/05/sarung-samarinda-identitas-sebuah-eksodus/