Bagaimana memelihara burung macaw untuk pemula ?

Bagi pemula yang ingin memelihara burung macaw perlunya mengetahui tips untuk merawatnya dengan baik dan benar, bagaimana memelihara burung macaw ?

Cara Memelihara Burung Macaw Untuk Para Pemula

Macaw merupakan burung tropis, sehingga cocok dengan udara di Indonesia. Akan tetapi jauhkan burung macaw Anda dari cuaca yang terlalu panas.

Tempatkanlah di tempat yang teduh. Sebab apabila tidak, macaw akan dehidrasi, yang menyebabkan sakit dan bahkan mati. Karena macaw burung yang hidupnya bergerombol atau berkelompok, dan bersosialisasi.

1.Kandang Burung Macaw
Ketika memelihara burung macau maka kandang untuk macaw lebarnya minimal 1,5 meter yang tingginya 2 meter. Ini termasuk ukuran minimal kandang untuk burung macaw besar.

Kandang ini bisa anda buat dari kawat halus atau juga besi. Burung macaw bisa jugaanda buatkan tangkringan dari batang kayu yang tidak ada getahnya.

Sebaiknya dirantai pada kakinya, atau bulu sayapnya di potong sedikit supaya dia tidak terbang jauh. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya setiap hari.

2.Makanan Burung Macaw
Dalam memelihara burung macaw, makanan harus diperhatikan. Makan mereka tergolong mudah, sebab suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Tapi jangan memberi makan macaw dengan buah alpukat ataupun coklat.

Sebab untuk burung macaw ini bisa menjadi racun di dalam tubuhnya, perutnya akan menolak menerima buah-buah tersebut.

Apabila macaw makan alpukat atau coklat, dalam waktu kurang lebih dua hinga tiga minggu, burung macaw bisa sakit dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

Anda juga jangan memberikan tangkringan kayu yang bergetah sebagai tempatnya berpijak. Sebab dapat menimbulkan racun, ketika macaw mematuk-matuk tangkai, getahnya keluar, dan bisa termakan.

Jadi sebisa mungkin anda jangan memberikan tangkringan dengan kayu yang memiliki getah, jika tidak mau burung anda mati keracunan.

Dan jika anda memelihara burung macaw sebaiknya diberi makan dalam waktu dua kali sehari yaitu ketika pagi dan sore. Berikan juga air minum yang juga baru setiap kali memberi makanan.

Kebersihan makanan dan minuman tetap harus anda perhatikan untuk menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.