Bagaimana Membuat Masker Alami untuk Mengangkat Komedo dari Pori-Pori di Wajah?

masker alami

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada wajah, seperti jerawat, minyak berlebih, kulit wajah bersisik, bekas jerawat, wajah kusam, dan lainnya. Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Komedo terkadang membuat orang menjadi gregetan. Komedo, meski kelihatan sepele, bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri. Adakah cara membuat masker alami untuk mengatasi masalah komedo?

Berikut cara membuat masker alami yang bermanfaat untuk mengangkat komedo, yakni:

1. Lobak

Mungkin kamu tidak akan menyangka, ternyata bahan alami yang satu ini ampuh untuk angkat komedo. Lobak adalah bahan alami yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga berfungsi untuk meluruhkan toksin dari dalam tubuh. Selain itu, di dalam lobak juga terdapat kandungan zinc, fosfod dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Cara membuat masker lobak ini sangat mudah, kamu hanya perlu memarut atau blender lobak secukupnya, campurkan dengan madu, kemudian tempelkan pada wajah kamu. Diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air.

2. Kopi

Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, ternyata kopi juga ampuh untuk menuntaskan komedo. Caranya mudah kok, cukup siapkan ampas kopi atau kopi yang dicampur dengan air secukupnya. Kemudian pakai di wajah yang berkomedo sembari menekan kulit dengan gerakan memutar lalu ratakan masker kopi keseluruh wajah kamu. Biarkan sampai agak mengering kemudian bilas dengan air.

3. Putih Telur

Putih telur sangat ampuh menghilangkan komedo karena tinggi kandungan protein dan asam folat. Seperti yang diketahui, protein bisa meringkas pori-pori kulit, sehingga produksi minyak yang dapat memicu masalah komedo dapat berkurang secara signifikan. Sedangkan kandungan asam folat akan membuat kulit menjadi halus. Cara membuatnya: Pecahkan sebutir telur kemudian pisahkan bagian kuning dan putihnya. Pastikan wajah bersih sebelum menggunakan masker putih telur ini, ya. Aplikasikan putih telur pada bagian wajah yang terdapat komedo menggunakan jari ataupun kuas. Setelah itu diamkan masker hingga kering. kamu juga bisa menempelkan kapas pada bagian hidung yang memiliki komedo agar hasilnya optimal. Setelah masker kering, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

4. Jeruk Lemon

Jeruk lemon tidak hanya segar untuk diminum, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Kandungan senyawa alami vitamin C yang terdapat pada lemon berfungsi sebagai anti-oksidan alami. Kandungan inilah yang menjadi antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab komedo dan masalah kulit lainnya. Caranya, manfaatkan air perasan jeruk lemon secukupnya dan oleskan pada wajah atau area dimana terdapat komedo membandel. Kandungan vitamin C akan masuk kedalam pori-pori dan mengangkat komedo tersebut. Hasilnya, tekstur hidung akan terasa lebih halus.

Sumber

https://www.vemale.com/cantik/106007-5-masker-alami-untuk-hilangkan-komedo.html

1. Masker Wajah Untuk Komedo Menggunakan Telur Dan Lemon

Putih telur baik untuk membuat masker wajah karena dapat mengencangkan pori-pori sementara dan membuat kulit terasa kenyal dan lembut. Lemon dikemas dengan kalsium, potasium, dan vitamin C, yang efektif untuk perawatan rambut dan kulit. Jus lemon membantu menghilangkan bakteri dari kulit dan menghilangkan komedo secara efektif. Selain itu, jus lemon memiliki sifat astringen alami dan asam sitrat sehingga membantu mengencangkan pori-pori yang membersihkan dan selanjutnya mencegah komedo juga. Last but not least, jus ini hadir dengan asam alfa-hidroksi yang secara alami mencegah komedo, jerawat, jerawat, serta masalah kulit lainnya. Jadi, ini dianggap salah satu masker wajah terbaik untuk komedo.

Dapatkan ini:

1 putih telur
1 sdt jus lemon
1 gelas air hangat
Kain muslin

2. Masker Wajah Menggunakan Kayu Manis, Jus Lemon, dan Kunyit

Ini juga dianggap sebagai masker wajah paling baik untuk komedo. Dengan sifat anti-bakteri, kayu manis membantu membersihkan kulit dari kotoran dan juga menyumbat pori-pori yang tersumbat. Jus lemon akan membantu menghilangkan kotoran dan komedo berkat vitamin C. Kunyit adalah anti-inflamasi dan antioksidan, yang menjadikannya di antara masker wajah yang efektif untuk menghilangkan komedo.

Dapatkan ini:

1 sdt bubuk kayu manis
1 sdt jus lemon
Sedikit bubuk kunyit

Prosedur:

Pertama, ambil mangkuk atau piring pencampur dan tambahkan jus lemon, 1 sejumput bubuk kunyit dan bubuk kayu manis ke dalam ini. Campur semua bahan ini untuk membuat 1 pasta halus seperti konsistensi. Kemudian, oleskan hanya area yang terkena komedo atau di seluruh wajah Anda dengan pasta ini. Akhirnya, cuci muka Anda menggunakan air hangat setelah 10-15 menit dan keringkan. Oleskan masker ini 2 kali dalam seminggu untuk membersihkan komedo.

3. Masker Wajah Untuk Komedo Menggunakan Soda Kue

Soda kue mengelupas kulit, sehingga tetap lembut dan halus. Ini juga membantu menetralkan tingkat pH kulit Anda dan membuatnya menghasilkan lebih sedikit minyak. Sebagai hasilnya, itu sepenuhnya membantu mencegah komedo. Selain itu, ini membantu membersihkan kulit dari kotoran dan kotoran. Terutama, ini adalah pembersih efektif yang bekerja tanpa bahan kimia keras.

Bahan:

2 sdt soda kue
1 sdm air

Prosedur:

Ambil soda kue pada awalnya dan campur dengan 1 sendok makan air. Campur sampai tercampur rata. Kemudian oleskan masker ke seluruh area yang terkena dan pijat dengan lembut menggunakan ujung jari Anda selama 1-2 menit. Terakhir, gunakan air dingin untuk mencuci wajah dan mengeringkannya. Anda harus mengulangi prosedur ini 2 kali dalam seminggu untuk membersihkan komedo dengan cepat.

4. Masker Wajah Menggunakan Yogurt Dan Oatmeal

Oatmeal bertindak sebagai exfoliant dan pembersih alami yang lembut, melonggarkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan komedo. Ini juga membantu menghilangkan akumulasi kotoran serta kotoran dari pori-pori kulit. Selain itu, ia memiliki antioksidan kuat dan memberikan agen anti-inflamasi sedang. Yogurt selanjutnya akan membantu membersihkan komedo dan komedo dari kulit karena merupakan pembangkit tenaga asam laktat. Dengan demikian, Anda tidak boleh melewatkan topeng ini saat mencari masker wajah terbaik untuk komedo.

Dapatkan ini:

1 sdm bubuk oatmeal
2-3 sdt yogurt

Prosedur:

Tambahkan bubuk oatmeal dan yogurt ke dalam mangkuk. Kemudian, campur dengan baik sampai pasta halus seperti konsistensi dibuat dan sekarang oleskan di seluruh bagian yang bermasalah dengan masker ini. Setelah sekitar 5 hingga 10 menit, cuci wajah Anda menggunakan air dingin. Masker wajah ini bisa digunakan dua kali dalam seminggu.

5. Masker Wajah Madu Untuk Komedo

Madu baik untuk perawatan kulit karena sangat cocok untuk jenis kulit normal dan berminyak. Madu berfungsi sebagai antibiotik alami dan menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit dengan menghilangkan komedo. Selain itu, dapat melembabkan dan mengencangkan pori-pori kulit untuk warna yang jelas. Ini juga membantu menghilangkan komedo dengan membunuh kotoran atau kuman yang menyumbat pori-pori karena memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik. Dengan demikian, Anda tidak boleh mengabaikan topeng efektif ini ketika mencari masker wajah untuk komedo.

Dapatkan ini:

2 sdt madu organik

Prosedur:

Yang harus Anda lakukan adalah mengambil madu organik dan menerapkannya di seluruh area komedo Anda. Simpan di kulit Anda selama lima hingga sepuluh menit. Terakhir, gunakan air dingin untuk mencuci muka dan keringkan. Untuk mempertahankan warna kulit yang jelas, oleskan masker ini 2-3 kali dalam satu minggu.

6. Masker Wajah Untuk Komedo Menggunakan Cuka Sari Apel Dan Tanah Liat

Masker tanah liat tidak hanya membantu membersihkan komedo tetapi juga mengungkapkan kulit terasa lembut. Ini adalah sumber tinggi agen penyembuhan kulit dan bahkan efektif dalam menyembuhkan berbagai masalah kulit. Selain itu, tanah liat ini akan membantu mengeluarkan semua kotoran dan kotoran dari pori-pori sehingga kulit bebas dari komedo. Bahan lain dalam topeng ini adalah cuka sari apel. Ini adalah obat yang baik untuk menghilangkan komedo karena terdiri dari sifat anti jamur dan antibakteri. Topeng ini dikenal sebagai salah satu masker wajah terbaik untuk komedo hanya dengan aplikasi.

Dapatkan ini:

1 sdm tanah liat bentonit
2 sdt cuka sari apel

Prosedur:

Tambahkan cuka sari apel (2 sendok teh) ke tanah liat bentonit (1 sendok makan) dan campur dengan baik sampai 1 pasta halus seperti konsistensi. Kemudian oleskan hanya daerah yang terkena komedo atau di seluruh wajah Anda dengan pasta ini dan tunggu 10-20 menit. Cuci muka Anda menggunakan air hangat setelahnya dan tepuk-tepuk kulit. Dianjurkan untuk menerapkan masker dua kali dalam satu minggu untuk menghilangkan komedo cepat.

Pertama-tama, campurkan putih telur dan jus lemon dan kemudian oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda. Tunggu 15 hingga 20 menit hingga benar-benar kering. Itu akan memakan waktu sekitar. Kemudian, rendam kain muslin dalam 1 gelas air hangat dan kemudian usap wajah Anda menggunakan kain muslin ini untuk menghilangkan topeng dengan lembut. Setelah itu, gunakan air dingin untuk mencuci wajah dan mengeringkannya. Untuk menghilangkan komedo, oleskan masker ini seminggu sekali.

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada wajah, contohnya: jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, kulit wajah bersisik, minyak berlebih, dan lain-lainnya. Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada banyak orang adalah komedo. Komedo kadang membuat orang merasa tidak nyaman. Komedo pada wajah, walaupun sepele dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri.

Komedo adalah sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, namun jenis yang ringan. Selain terdapat di wajah, komedo juga bisa timbul pada bahu, punggung, lengan, leher dan dada. Penyebab timbulnya komedo karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami

1. Air hangat

Menggunakan Air hangat untuk pera akan mampu membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Caranya:

  1. Masak air dan masukkan dalam wadah
  2. Kemudian hadapkan wajah pada wadah
  3. Biarkan uap air panas membuka pori-pori Anda

2. Pasta gigi

Pada umumnya pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kedua senyawa ini bisa dipakai sebagai cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah. Tapi memang benar bahwa pasta gigi merupakan hasil produksi pabrik yang menggunakan bahan kimia dan juga tidak alami. Sebab itu sebaiknya Anda memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal.

Cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah adalah:

  1. Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah
  2. Diamkan selama 15 menit
  3. Bilas dengan air bersih

3. Baking soda

Kegunaan baking soda adalah:

  1. Membantu menjaga kadar ph kulit.
  2. Mengatur produksi minyak di kulit.
  3. Mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Caranya:

  1. Buat pasta dengan menggunakan baking soda
  2. Lalu oleskan pada wajah secara merata.

4. Tepung gandum

Anda dapat menggunakan tepung gandum sebagai masker untuk membersihkan komedo pada wajah.

Caranya:

  1. Buat pasta dari tepung gandum
  2. Oleskan pada area berkomedo
  3. Diamkan selama 15 menit atau hingga kering
  4. Bilas dengan air hangat

5. Scrub kopi dan gula

Kopi memang telah biasa digunakan sebagai minuman, sedangkan gula digunakan sebagai perasa manis, namun ternyata gabungan daei kedua bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati pada wajah sehingga membuat wajah menjadi halus, mulus, bersih dan bebas dari komedo.

Caranya:

  1. Buat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air
  2. Tambahkan 1 sdm gula pasir
  3. Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu
  4. Gosokkan scrub secara merata pada wajah
  5. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna

6. Garam

Menurut ilmu kimia, garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Pada umumnya garam digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan, tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Caranya:

  1. Siapkan air panas dalam wadah
  2. Larutkan garam pada air panas
  3. Biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut

7. Lemon

Cara menghilangkan komedo hitam bisa menggunakan lemon. Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Caranya:

  1. Peras buah lemon
  2. Oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo
  3. Diamkan selama 15 menit

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan anti-oksidan. Zat ini akan menjadikan kulit agar tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Karena kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya khasiatnya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Caranya:

  1. Peras buah jeruk nipis
  2. Oleskan air perasan pada area wajah yang berkomedo
  3. Diamkan selama 15 menit

9. Kulit jeruk

Bila dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Jadi bila Anda sedang makan jeruk, janganlah membuang kulitnya. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya:

  1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus
  3. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan
  5. Diamkan selama 30 menit
  6. Bilas dengan air hangat

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

10. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah , serta bisa membersihkan komedo. Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya:

  1. Potong pepaya kecil-kecil
  2. Haluskan pepaya sampai lembut
  3. Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit
  4. Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

11. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah sehingga komedo tidak bisa muncul. Tomat juga dapat digunakan menjadi tabir surya alami yang berfungsi untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya:

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih

12. Kacang kedelai

Kacang kedelai dikenal sebagai sumber yang kaya protein, kacang kedelai juga mengandung vitamin B kompleks, A, E, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor. Fungsinya sebagai antioksidan dapat digunakan sebagai cara mencegah penuaan dini. Selain itu, menggunakan masker kacang kedelai secara rutin akan menjadikan wajah Anda lebih cerah, bebas dari minyak, dan bebas dari komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam menggunakan masker kacang kedelai :

  1. Rendam kacang kedelai dalam air selama 1 hari
  2. Kacang kedelai yang telah direndam kemudian dibersihkan dan diblender hingga halus tanpa air
  3. Oleskan kacang kedelai yang telah diblender hingga halus pada wajah.
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bersihkan dengan menggunakan air hangat

13. Lidah buaya

Perawatan dengan menggunakan lidah buaya, Anda akan mendapatkan sekaligus banyak manfaat. Yaitu: membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya:

  1. Petik daun lidah buaya secukupnya
  2. Ambil gel yang ada di tengahnya
  3. Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Bilas dengan air bersih

14. Putih telur

Putih telur dipercaya khasiatnya mampu untuk mengenyalkan wajah juga sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan tidak akan menyebabkan timbulnya komedo karena mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien.

Caranya:

  1. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri
  2. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

15. Madu

Madu adalah pelembap wajah alami yang juga mampu mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat kulit mati, karena mengandung banyak anti-oksidan.

Caranya:

  1. Siapkan 1 sdm madu
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih