Bagaimana membuat ikan koi menjadi cepat jinak ?

Hobi memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan. Kita bisa puas menikmati keindahan ikan-ikan tersebut sambil bercengkerama dengannya.

Bagaimana membuat Ikan Koi Menjadi Cepat Jinak ?

Pada dasarnya, semua ikan koi mempunyai sifat dasar jinak. Ikan ini merasa sangat senang bila dapat berkumpul dengan teman-temannya dan berenang bersama-sama. Bahkan ikan koi yang baru Anda masukkan ke kolam pun bisa langsung berbaur dengan ikan-ikan koi yang lain dan menjadi baik. Syarat utamanya adalah kondisi lingkungan kolam yang menjadi habitatnya benar-benar baik serta dapat membuat ikan koi merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Tips-tips membuat ikan koi menjadi jinak secara cepat :

  1. Memasukkan Ikan Koi Chagoi
    Anda harus tahu kalau ikan koi itu ada banyak macam jenisnya. Menariknya adalah setiap jenis ikan koi memiliki karakter dasar yang berbeda-beda. Ada ikan koi yang perangainya sangat jinak, pemberani, pemalu, gesit, dan jahil. Biasanya seiring dengan berjalannya waktu, ikan-ikan ini akan jinak sendiri karena sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun jenis ikan koi yang paling jinak ialah ikan koi chagoi. Anda bisa memelihara beberapa ekor ikan chagoi untuk membuat ikan-ikan koi jenis lainnya ikut-ikutan jinak.

  2. Memastikan Kualitas Air Normal
    Ketika Anda memelihara ikan, pada saat yang bersamaan Anda pun harus memelihara kondisi air yang menjadi habitatnya. Pasalnya kondisi air berpengaruh besar terhadap tingkat kesehatan ikan. Ikan-ikan koi akan tumbuh dengan baik dan normal apabila dipelihara di air yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebaliknya ikan koi yang dipelihara di air yang tidak bagus, maka perilakunya pun ikut terpengaruh menjadi tidak normal. Ikan tersebut akan terlihat pasif, menyendiri, lemas, dan susah dijinakkan.

  3. Menjaga Kondisi dan Suasana Kolam
    Salah satu ciri-ciri kolam yang ideal adalah ikan-ikan yang hidup di dalamnya berenang secara aktif ke seluruh penjuru kolam sesuka hati. Ikan koi yang sudah merasa sangat nyaman dengan rumahnya akan lebih mudah menjadi jinak dibandingkan ikan koi yang sering merasa tertekan, stres, dan belum beradaptasi dengan baik. Untuk menunjang kenyamanan kolam, Anda bisa memasang fitur seperti air terjun, air mancur, tanaman air, atau gua sebagai tempat persembunyiannya.

  4. Mengatur Tingkat Kepadatan Kolam
    Sebagai penghobi ikan koi, Anda tentu akan merasa senang sekali apabila berhasil memelihara ikan koi dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan populasi ikan tersebut untuk menjaga tingkat kepadatan kolam agar tetap ideal. Kolam yang ukurannya terlalu luas dengan jumlah penghuni yang sedikit biasanya akan membuat ikan koi di dalamnya susah jinak karena sudah terbiasa berenang dengan bebas. Anda perlu menambahkan beberapa ikan koi lagi.

  5. Sering Berinteraksi dengan Ikan
    Tak kenal maka tak sayang. Kalau Anda mau cepat akrab dengan ikan koi, Anda harus sesering mungkin mengajaknya berinteraksi. Paling gampang, Anda bisa memberikan pakan kepada ikan koi tersebut langsung dari tangan Anda. Mulailah dari menaburkan pelet untuk memancing ikan-ikan koi mendekati Anda. Kemudian Anda bisa memberi potongan roti tawar yang cukup panjang agar ikan koi mau memakannya langsung. Jangan menyerah sebab dibutuhkan percobaan beberapa kali sampai ikan koi berani mendekati kita.

Sumber