Bagaimana membiasakan diri untuk berpikir secara computational thingking ?

computational thingking

Berpikir secara computational thingking berarti melatih otak untuk terbiasa berfikir secara terstruktur,logis dan kreatif. Karena itu dibutuhkan waktu yang lama dan memerlukan cara yang tepat agar dapat terbiasa untuk menggunakanya.

Bagaimana membiasakan diri untuk berpikir secara computational thingking ?

Bepikir secara computational thingking tidaklah mudah untuk dilakukan.Seseorang yang bisa berpikir secara computational thingking pada umumnya adalah orang yang memiliki kemampuan analisa yang baik.Namun untuk dapat membiasakanya bisa menjadi persoalan yang sangat sulit untuk dilakukan.Dibawah ini beberapa cara agar dapat membiasakan diri untuk berpikir secara computational thingking.

• Biasakan untuk melihat masalah dengan teknik yang tepat.Pada dasarnya jika kita berpikir secara computational thingking dan dihadapkan dalam suatu masalah, cara kita untuk menyelesaikanya akan berbeda dari pemikiran yang biasa orang lakukan.Karena dalam computational thingking dibutuhkan teknik yang tepat

• Seharusnya berpikir secara komputasi diterapkan sejak dini agar setiap orang terbiasa berpikir terarah dan tidak dangkal. Sehingga ketika dituntut untuk mengambil sebuah keputusan untuk solusi dari masalah yang dihadapi akan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

• Berpikir untuk memecahkan masalah secara runtut satu persatu.Sekarang ini banyak permasalahn besar yang dihadapi seseorang dan orang itu hanya berpikiran untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut tanpa mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya masalah.Padahal untuk menyelesaikan masalah yang besar sangat perlu untuk kita mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan munculnya masalah yang besar itu dan carilah solusi dari setiap faktor-faktor masalah.Dengan melakukan hal tersebut kita akan mampu untuk memecahkan msalah yang besar dengan cepat dan mempunyai solusi yang pas

Sumber ; https://en.wikipedia.org/wiki/Computational_thinking

market-strategy-600x300

Dalam membiasakan diri untuk berfikir secara computational thinking termasuk hal yang cukup rumit karena kita sudah terbiasa dengan pola pikir masyarakat pada umumnya. Jika merasa masih terlalu sulit untuk memulainya, cobalah menganalisa berbagai macam permasalahan sedehana yang ada. Analisa semua hingga ujung permasalahanya. Hal ini merupakan pondasi dari computational thinking. Dari berbagai masalah yang anda analisa, secara otomatis anda akan menganalisa terhadap apa yang ada di depan mata anda. Ketika anda sudah terbiasa menganalisa hal berikutya adalah mencari pola yang pada suatu permasalahan. Ketika anda menganalisa berbagai macam permasalahan anda akan merasa bahwa terdapat kesamaan dari hasil analisa yang anda lakukan. Mulailah menngelompokkan permasalahan tersebut berdasarkan beberapa kesamaannya serta berdasarkan solusi yang sesuai dengan permasalahan tersebut.

Agar terbiasa dengan computational thinking, jangan hanya menunggu suatu permasalahan muncul. Mulailah menanamkan mindset bahwa anda tidak tahu apapun tentang apa yang ada di dunia ini. Jangan pernah merasa bahwa anda mengethaui banyak hal. Hal ini akan membuat anda semakin malas melakukan suatu analisa. Perlu anda ketahui bahwa semua yang anda ketahui itu hanya sebagian kecil dari ilmu yang ada karena alam ini memiliki banyak rahasia. Selain menanamkan mindset tersebut biasakan diri untuk selalu bertanya terhadap sesuatu yang baru di hadapan anda. Jangan biasakan diri untuk berasumsi terhadap sesuatu yang kita belum ketahui karena itu akan menutup pintu pengetahuan kita dengan asumsi kita terhadap sesuatu yang kita sendiri tidak tahu.
Semua informasi yang saya sampaikan dapat dengan mudah anda lakukan. Semuanya kembali kepada diri anda pribadi bersedia open mind dan open heart dalam menanggapi suatu permasalahan atau tidak.

Computational thinking adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Karena computational thingking dapat mempengaruhi pola pikir seseorang menjadi lebih logis, terstuktur, dan kreatif. Hal ini sangat bermanfaat kepada orang yang cendenrung memiliki kebiasaan untuk berpikir komputational.Namun yang banyak menjadi masalah adalah bagaimana caranya orang yang belum terbiasa menggunakan computational thinking dapat menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-harinya. Melatih diri untuk biasa menggunakan computational thinking bukan merupakan sesuatu yang mudah dilakukan. Banyak orang terkadang masih belum terbiasa memecahkan masalah dengan computational thinking.

Solusi pertama adalah dengan cara memulainya dengan hal yang kecil terlebih dahulu. Masalah yang tidak terlalu kompleks dapat kita gunakan sebagai sarana latihan kita untuk mulai berpikir dengan komputational. Contohnya bisa kita mulai dengan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya, seperti makan, memasak, mecuci baju, dan lainnya. Dengan latihan tersebut dapat diharapkan nantinya akan bisa menyelesaikan masalah yang lebih besar dengan berpikir komputational.

Yang kedua adalah dengan cara membiasakan diri untuk berpikir secara computational. Memang hal yang harus kita lakukan di awal adalah dengan sedikit memaksa pola pikir kita menggunakan computational. Tetapi dengan memulainya, kita kedepanya akan lebih mudah meggunakannya karena kita telah terbiasa. Hal yang sudah terbiasa tersebut tidak akan menjadi beban lagi. Biasanya setiap masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita kepada pola pemikiran komputational.