Bagaimana membersihkan tinta cumi dengan cepat dan efektif?

Cumi cumi mempunyai senjata yang khas yaitu tinta hitam, jika ingin memasak cumi cumi. Kita haruslah membersihkannya terlebih dahulu

download (5)

Tips untuk membersihkan bagian-bagian cumi.

  1. Pegang ekornya dan tarik bagian kepalanya secara horizontal, Anda akan melihat isi perutnya ikut tertarik keluar.

  2. Kantung tinta cumi juga akan tertarik keluar bersama kepalanya. Jika Anda ingin menggunakannya, maka potong di dekat kantung hitam yang nampak seperti pembuluh darah berwarna hitam.

  3. Potong tentakel tepat sebelum matanya. Anda akan memotongnya tepat di bagian mulut sehingga tentakel tetap utuh dan Anda bisa mengambil bagian keras di dalam mulutnya.

  4. Bagian tubuh cumi-cumi dilengkapi dengan ‘tulang’ yang nampak transparan seperti plastik. Jangan lupa untuk mengeluarkan tulang ini dari dalam badan cumi.

  5. Berikutnya, Anda akan mendapati cumi-cumi Anda berselimut lapisan ungu berbintik-bintik yang sangat cantik sebenarnya. Namun untuk mendapatkan cumi yang putih bersih, Anda harus mengelupas lapisan ini. Temukan ujungnya yang sudah mengelupas dengan sendirinya, kemudian tarik perlahan ke seluruh badan cumi.

  6. Guyur cumi dengan air mengalir sambil dibersihkan bagian dalamnya. Buang semua isi perut yang tersisa sehingga Anda mendapatkan cumi-cumi yang bersih.