Bagaimana memahami lukisan abstrak?

Lukisan abstrak terkadang sulit kita pahami sebagai orang awam, bahkan penikmat seni sekalipun. Lantas, bagaimana cara-cara yang memudahkan kita memahami lukisan abstrak tersebut?

Reaksi yang biasa keluar dari orang lain mengenai Seni Abstrak ini misalnya seperti “Saya sudah mencoba untuk mengartikan hal ini selama beberapa tahun, namun saya tetap tidak mengerti apa arti di balik Seni Abstrak ini sendiri.”
Namun tanggapan dari para Seniman/Artist mengenai hal ini sangat biasa dengan mengeluarkan kata-kata “Mereka hanyalah orang-orang yang tidak memiliki kemampuan mental untuk bisa menghargai seni abstrak.”

Tetapi, jika sebuah karya seni abstrak memiliki sebuah arti penting bagi orang lain selain dari seniman itu sendiri, maka hal tersebut harus memiliki sesuatu yang akan mempertahankan perhatian dari orang-orang yang melihat karya seni abstrak itu sendiri, menarik mereka, menjaga agar mereka tetap memperhatikan karya itu sendiri, dan menghasilkan respon emosional.

Maka, sebagai penikmat/pemerhati karya seni abstrak itu sendiri, coba tanyakan pada diri Anda mengenai beberapa pertanyaan berikut agar bisa mengerti maksud atau arti dari sebuah karya seni abstrak itu sendiri. Jangan katakan Anda tidak mengerti jika Anda tidak ingin mengerti dan mencari tahu.

  • Apakah saya pernah mencoba untuk mencari tau apa yang mewakili dari karya seni itu sendiri dan apa yang akan keluar dari hasil karya seni itu sendiri?
  • Apa saja elemen, warna, dan tekstur pada lukisan itu sendiri?
  • Bagaimana hal itu bisa saling berinteraksi antara satu sama lain?
  • Apakah Anda merasakan lukisan itu membangkitkan rasa emosional Anda?
  • Perhatikan judul lukisan itu sendiri, dan cari tahu apa hubungannya dengan apa yang Anda rasakan ketika melihat lukisan itu sendiri.